Mendagri sarankan Palembang belajar pengelolaan sungai ke Bangkok

Mendagri sarankan Palembang belajar pengelolaan sungai ke Bangkok

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan sambutan secara video daring saat sidang paripurna istimewa hari jadi Kota Palembang ke 1338 tahun, Kamis (17/6) (ANTARA/Aziz Munajar)

Palembang (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyarankan Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, belajar pengelolaan sungai ke Kota Bangkok, Thailand, yang dinilainya sukses dalam menata sungai sebagai simpul perekonomian.

Hal tersebut disampaikan Tito Karnavian secara video daring saat sidang paripurna istimewa hari jadi Kota Palembang ke 1338 tahun, Kamis, ia menyarankan para pengambil kebijakan dapat mengambil contoh negara-negara lain yang berhasil mengembangkan wisata sungai.

"Seperti di Kota Bangkok dengan Sungai Chao Praya, semua kegiatan masyarakat terpusat di sungai tersebut," ujarnya.

Baca juga: Hari jadi Kota Palembang ke-1.337 tanpa perayaan

Menurut dia, Sungai Chao Praya yang membelah Kota Bangkok telah dikenal melekat dengan identitas Thailand karena berhasil menarik wisatawan dari berbagai belahan dunia sebagai dampak pengelolaan sungai yang baik.

Ia menyebut Sungai Musi di Kota Palembang yang telah menjadi sentra kegiatan masyarakat sejak zaman Kerajaan Sriwijaya 1338 tahun lalu memiliki potensi yang sama jika semua pihak mau berkolaborasi mengembangkannya.

Tito menilai Sungai Musi tidak bisa hanya diandalkan sebagai jalur transportasi dan sumber air baku saja, melainkan harus mulai dimaksimalkan sebagai destinasi wisata yang mampu menjual hingga pasar global.

​​​​​​Apalagi Sungai Musi dengan peradabannya punya nilai sejarah yang tinggi sehingga punya nilai lebih untuk diunggulkan sebagai destinasi wisata sejarah.

"Kota Palembang punya penduduk di atas satu juta jiwa, artinya memiliki potensi SDM yang bisa diandalkan untuk mewujudkan itu," kata Tito menambahkan.

Baca juga: Festival Kuda Lumping Ramaikan HUT Kota Palembang

Ia berharap pengelolaan Sungai Musi di Kota Palembang semakin berkembang, terutama pemanfatanya dalam meningkatkan sektor jasa sehingga bisa menjadi model bagi kota-kota lain di Indonesia.

Sementara Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan pihaknya memang sedang fokus mengembangkan Sungai Musi sebagai kawasan wisata yang diharapkan menjadi destinasi wisata andalan di Sumsel.

"Ada banyak yang kami upayakan seperti penataan Pulau Kemaro, juga yang sudah selesai misalnya Kampung Almunawar, Masjid Kyai Marogan, Kampung Kapitan, Benteng Kuto Besak," kata dia.

Selain itu penataan anak sungai di tengah kota melalui restorasi Sungai Sekanak-Lambidaro juga sedang dilakukan untuk mendukung ketersambungan wisata air di Sungai Musi, jelas Harno.

Baca juga: Palembang raih penghargaan Festival Gapura Cinta Negeri

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mendagri usulkan kampanye Pemilu 2024 berlangsung 4 bulan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar