Sukabumi (ANTARA News) - Balap sepeda Tour de Jabar 2010 rencananya akan mengambil jalur di Jawa Barat Selatan dengan lokasi start di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, dan berakhir di Pangandaran, Ciamis.

Menurut Ketua Pengda ISSI Jabar Engkos Sadrah mengatakan, Tour de Jabar ini rencananya akan melalui jalur Jabar Selatan rute ini merupakan keinginan dari Gubernur Jabar Ahmad Heriawan.

"Kami akan melakukan survey pada Senin (27/9) mendatang sambil melihat kondisi jalan mana saja yang harus diperbaiki," kata Engkos kepada wartawan, Jumat.

Engkos menuturkan, bahwa tujuan utama dari acara ini adalah untuk memperkenalkan sekaligus mengiklankan potensi yang dimiliki oleh daerah Jabar khususnya bagian selatan. Pasalnya, pada acara ini akan diikuti juga peserta dari luar negeri.

"Diharapkan, dengan menempuh jalur Jabar Selatan ini, bisa sambil memperkenalkan segala potensi yang dimiliki oleh setiap daerah yang ada di Jabar Selatan," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi Sukmawijaya mengungkapkan, bahwa pihaknya sangat menyambut baik dengan rencana star Tour de Jabar yang akan dilaksanakan di Palabuhanratu ini atau akan mengambil rute di Jabar Selatan ini.

"Dengan mengambil rute ini diharapkan bisa mempromosikan segala potensi alam milik Kabupaten Sukabumi," ungkap Sukmawijaya.

Ia menambahkan, pihaknya akan membantu dalam perbaikan jalan yang akan dilalui oleh peserta. Namun, yang paling utama dari rencana acara ini adalah sebagai ajang promosi daerah Kabupaten Sukabumi, karena menurutnya acara yang akan diikuti peserta dari luar negeri ini diharapkan bisa menarik insvestor dan wisatawan mancanegara.

"Mungkin setelah melihatn segala potensi yang dimiliki khususnya Kabupaten Sukabumi bisa menarik insvestor untuk menanamkan modalnya dan mendatangkan wisman," tambahnya.

(ANT/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010