Solo (ANTARA News) - Tim China akan bertemu dengan kesebelasan Vietnam pada babak final, setelah berhasil menundukan tuan rumah Indonesia 3-1, pada ASEAN Football Federation U-16 Championship 2010 di Stadion Manahan Solo, Jumat malam.

Tim China dalam tiga kali pertandingan yakni kalah dengan Vietnam (0-1), menang lawan Timoe Leste (1-0), dan tundukan tuan rumah (3-1) sehingga berhasil mengumpulkan enam poin sama nilai Vietnam sehingga berhak maju ke babak final yang akan dipertandingan di Stadion Manahan Solo, pada Minggu (26/9).

Tiga gol Tim China saat melawan Indonesia diciptakan oleh Liang Yu pada menit ke-15, Chen Shuo menit ke-30 babak pertama, dan Shen Tianfeng menit ke-68 babak kedua, sedangkan satu gol untuk Tim Indonesia dicebloskan oleh Sun Zhengao akibat bunuh diri pada menit ke-58 babak kedua.

Sementara itu, Tim Nasional Indonesia bersama kesebelasan Timor Leste akan merebutkan peringkat ketiga dan keempat dalam kejuaraan ajang pemanasan menuju kejuaraan Asia U-16 Championship 2010, di Uzbekistan ini. Kedua kesebelasan sama-sama mengumpulkan tiga nilai poin, setelah mereka mengalami kekalahan dua kali dan menang sekali.

"Semua tim tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Melawan Vietnam kami akan tampil baik lebih dibanding pada pertandingan pertama saat china dikalah 0-1 dari Vietnam," ungkap Pelatih China Zhang Ning.

Sementara Pelatih Tim Vietnam, Hoang Van Phuc menjelaskan, timnya berharap bertemu dengan Indonesia daripada China. Tetapi, timnya harus bertemu lagi dengan China. Calon lawannya yang lolos ke final itu akan lebih berat.

Pelatih Mundari Karya, timnya dalam kejuaraan yang diikuti empat kesebelasan di Solo ini, melakukan mempersiapkan minim satu bulan, sehingga anak-anak mentalnya kurang berani. Mereka masih takut ke luar unbtuk menyerang.

"Kami masih perlu memupuk timnas ini untuk banyak bertanding agar mereka lebih berpengalami bertanding. Mental mereka akan lebih berani," kata Mundari.

Menurut Mundari empat kesebelasan yang mengikuti pertandingan pemanasan di Solo ini, keempatnya akan maju dan lolos mengikuti kejuaraan Asia U-16 Championship 2010, di Uzbekistan.

Ketua umum PSSI, Nurdin Halid mengatakan, timnas U-16 yang dipersiapkan kejuaraan Asia di Uzbekistan, masih kalah kelas di bawah China maupun Vietnam, baik skil, teknik maupun fisik. Sehingga, mereka harus kalah dengan tim tersebut.

"Mereka masih harus banyak pertandingan sebelum maju ke piala Asia di Uzbekistan," katanya.

Klaseman kejuaraan sepak bola ASEAN Football Federation U-16 Championship 2010 di Stadion Manahan Solo hingga pertandingan terakhir berikut:



Tim Main Menang Kalah nilai Gol



1. China 3 2 1 6 4-2

2. Vietnam 3 2 1 6 3-1

3. Timor Leste 3 1 2 3 2-1

4. Indonesia 3 1 2 3 2-4.(*)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010