Bupati Bangli tebar 150 ribu benih ikan nila di Danau Batur

Bupati Bangli tebar 150 ribu benih ikan nila di Danau Batur

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta yang didampingi Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika dan Kepala Dinas PKP Kabupaten Bangli menebar 150 ribu benih ikan nila di Danau Batur, Kintamani, Bangli, Bali. ANTARA/HO-Humas Pemkab Bangli

Usahakan hasil budi daya ikan di sini dikonsumsinya untuk keluarga, baru untuk desa, terakhir bisa jual ke pasar secara bebas
Bangli, Bali (ANTARA) - Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta melaksanakan penebaran sebanyak 150 ribu benih ikan nila di perairan umum (restoking) Danau Batur, Kintamani, Bali.

Bupati Bangli, yang saat tebar benih didampingi Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli I Ketut Suastika dan Kepala Dinas PKP Kabupaten Bangli, mengatakan kegiatan penebaran bibit benih ikan ini dalam rangka peningkatan stok ikan di Danau Batur.

Siaran pers Diskominfo Bangli, yang diterima di Bangli, Sabtu, mengatakan Danau Batur adalah danau terbesar yang berada di Provinsi Bali.

Menurut dia, Danau Batur berfungsi sebagai sumber air untuk beberapa kabupaten dan kota di Bali dan juga pendukung daya tarik pariwisata Kintamani.

Budi daya ikan di Danau Batur ini sudah menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat sekitar, yang diproduksi dalam bentuk keramba jaring apung.

"Seperti yang kita ketahui makanan ikan ini juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Di kabupaten Bangli, berdasarkan data dari Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan, persentase konsumsi makan ikan masih kurang. Masih di bawah 50 persen dari rata-rata konsumsi ikan yang seharusnya dilakukan," ujar Bupati.

Ia menambahkan kampanye makan ikan juga harus terus disampaikan kepada masyarakat, termasuk juga pada masyarakat yang memiliki keramba jaring apung di Danau Batur ini.

"Usahakan hasil budi daya ikan di sini dikonsumsinya untuk keluarga, baru untuk desa, terakhir bisa jual ke pasar secara bebas," ujarnya.

Kadis Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangli I Wayan Sarma menyampaikan kegiatan penebaran ikan dilaksanakan dalam rangka pelestarian perikanan serta untuk memulihkan populasi stok ikan di Danau Batur dan juga bagian dari rangkaian Hari Lahir Pancasila dan Bulan Bung Karno III.

Adapun jumlah ikan yang ditebar sebanyak 150 ribu ekor yang dilaksanakan di Danau Batur yaitu di Desa Kedisan sebanyak 100 ribu ekor dan di perairan Desa Abang Batudinding sebanyak 50 ribu ekor.

Baca juga: Pemkab Bangli-Banyuwangi jalin kerja sama ekonomi
Baca juga: Bupati setujui perubahan status Bank Pasar Bangli
Baca juga: BI dorong kebangkitan UMKM-wisata di Bangli berbasis QRIS

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Tekan kasus COVID-19, Gubernur Bali isolasi 3 desa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar