Copa America

Peru sukses tekuk Kolombia 2-1

Peru sukses tekuk Kolombia 2-1

Para pemain Peru melakukan selebrasi setelah gol bunuh diri bek Kolombia Yerry Mina dalam pertandingan Copa America 2021 di Olympic Stadium, Goiania, Brasil pada 21 Juni 2021. (ANTARA/AFP/Nelson Almeida)

Jakarta (ANTARA) - Peru berhasil menekuk Kolombia 2-1 dalam pertandingan Grup B Copa America 2021 di Estadio Olimpico Pedro Ludovico, Goiania, Brasil pada Senin pagi WIB, demikian catatan laman resmi FIFA.

Kolombia memulai pertandingan dengan lebih banyak menguasai bola. Sedangkan Peru bermain dengan merapatkan lini pertahan dan mengharapkan serangan balik.

Permainan Peru membuahkan hasil karena mereka mencetak gol pertama di menit ke-16. Tendangan Yotun mengenai mistar gawang dan bola muntah disambar Sergio Penai untuk menjebol gawang Kolombia. Kedudukan menjadi 1-0 untuk Peru.

Keunggulan itu membuat Peru semakin menguatkan pertahanan mereka. Gelombang serangan dari Kolombia sebisa mungkin mereka bendung, hingga akhirnya babak pertama usai.

Baca juga: Diimbangi Venezuela di menit akhir, Ekuador gagal petik tiga poin 

Memulai babak kedua dalam keadaan tertinggal memaksa Kolombia bermain lebih agresif demi menyamakan kedudukan.

Pada menit 51, kiper Venezuela Pedro Gallese melakukan pelanggaran dan wasit tanpa ragu memberikan penalti kepada Kolombia.

Miguel Borja dipercaya menjadi eksekutor penalti. Ia sukses mengecoh Gallese dan menyamakan kedudukan bagi Kolombia. Skor imbang 1-1 membuat kepercayaan diri Kolombia naik, mereka kini lebih banyak menguasai bola.

Peru bertahan dengan disiplin dan mengandalkan serangan balik cepat. Beberapa kali upaya mereka mampu mengancam gawang Kolombia.

Pada menit 64, sebuah gol bunuh diri dilakukan oleh bek Kolombia Yerry Mina.

Bermula dari sepak pojok yang dilakukan oleh pemain Peru, Mina berupaya mengontrol bola menggunakan dada sebelum bola malah mengarah masuk ke dalam gawang timnya sendiri.

Kiper Ospina sudah berupaya untuk melakukan tepisan, tetapi wasit melihat bola telah melewati garis gawang. Skor 2-1 untuk Peru.

Baca juga: Gara-gara tukang cukur, sejumlah pemain Chile terancam denda 
Baca juga: Argentina puncaki Grup A usai taklukkan Uruguay 1-0 


Keunggulan Peru itu bertahan hingga pertandingan usai. Tambahan tiga angka membuat mereka kini naik ke urutan tiga klasemen sementara dengan tiga poin hasil dari dua laga.

Sedangkan Kolombia harus tetap berada di urutan kedua dengan empat poin dari tiga pertandingan.

Susunan Pemain:

Kolombia (4-2-3-1): David Ospina; Davinson Sanchez, Yerry Mina, William Tesillo, Stefan Medina (Alfredo Morelos 81'), Edwin Cardona (Yimmi Chara 70'), Sebastian Perez (Gustavo Cuellar 60'), Wilmar Barrios, Miguel Borja, Duvan Zapata (Luis Muriel 61'), Juan Cuadrado.

Peru (4-2-3-1): Pedro Gallese; Alexander Callens, Christian Ramos, Marcos Johan Lopez, Aldo Corzo, Sergio Pena (Cartagena Mendoza 83'), Yoshimar Yotun, Renato Tapia, Gianluca Lapadula (Santiago Ormeno 83'), Christian Cueva (Raziel Garcia 90+2'), Andre Carrillo. 

Baca juga: Menang tipis 1-0 atas Bolivia, Chile puncaki klasemen Grup A 
Baca juga: Penyerang Bolivia disanksi dan denda karena kritik CONMEBOL 
Baca juga: Lionel Scaloni: Argentina bakal bikin Suarez dan Cavani nggak nyaman 

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar