Jayapura (ANTARA News) - Makam salah satu tokoh pejuang hak-hakorang Papua,Dortheys Hiyo Eluay, akan dipindahkan. Makam itu kiniterletak di bekas lapangan sepak bola Sentani,di pertigaan jalan bandara Sentani.

Hal ini disampaikan salah satu anak Theys Eluay, Yohanis Eluay, yang menilai akhir-akhir ini makam itu terus menjadi pusat kegiatan kelompok-kelompok masyarakat Papua, seperti Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan Dewan adat Papua (DAP), dalam melakukan demo politik untuk perjuangan status Politik Papua.

"Sadar atau tidak sadar kegiatan tersebut tetap berdampak kepada citra maupun pembangunan di wilayah Kabupaten Jayapura, jadi akan di pindahkan," kataYohanis Eluay, di Jayapura, Senin.

Katanya,makamTheys Eluay akan dipindahkan ke tempat yang sudah mereka sipakan sesuai tatanan adatyakni tempat pemakaman para pemimpin dari Kampung Sereh, Sentani , Kabupaten Jayapura.

"Hanya saja pihak dewan adat papua (DAP) masih mempertahankan agar makam tersebut jangan dipindahkan dulu sambil menunggu kesepakatan yang nanti akan mereka ambil," katanya.
(ANT/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010