Saham China ditutup naik ditopang perbankan dan perusahaan energi

Saham China ditutup naik ditopang perbankan dan perusahaan energi

Ilustrasi - Investor melihat layar komputer yang menunjukkan informasi saham di sebuah rumah broker di Shanghai. ANTARA/REUTERS/Aly Song/am.

Shanghai (ANTARA) - Saham China berakhir lebih tinggi pada hari Selasa, karena saham perbankan naik mengikuti langkah-langkah reformasi Beijing dan saham energi terangkat oleh harga minyak yang lebih tinggi.

Namun kenaikan terbatas karena pelemahan saham-saham perusahaan terkait mata uang digital terkait peraturan.

Indeks saham acuan CSI300 naik 0,6 persen menjadi 5.122,16, sedangkan indeks Shanghai Composite ditutup naik 0,8 persen pada 3.557,41.

Memimpin kenaikan, indeks perbankan CSI300 naik 1,6 persen karena investor menyambut langkah-langkah reformasi terbaru pemerintah untuk sektor ini, sementara indeks energi CSI300 naik 2,3 persen karena penguatan harga minyak.

Reformasi China terhadap cara bank menghitung suku bunga deposito akan membantu mengurangi tekanan pada biaya pendanaan bank, meskipun dampaknya pada pemberi pinjaman dan penerima pinjaman akan terbatas, kata badan industri yang mengawasi suku bunga, Senin.


Baca juga: Saham China berakhir turun setelah kebijakan "hawkish" The Fed


Mulai Senin, China mengizinkan perbankan untuk menetapkan batas atas suku bunga deposito dengan menambahkan beberapa basis poin ke suku bunga acuan, perubahan dari praktik sebelumnya yang mengalikan suku bunga acuan, Mekanisme Disiplin Diri untuk Penetapan Harga Suku Bunga Berorientasi Pasar mengatakan .Raksasa energi yang terdaftar di dua bursa, Petrochina Co Ltd, masing-masing naik 5,3 persen dan 5,9 persen di bursa Shanghai dan bursa Hong Kong.

Bank Sentral China mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya baru-baru ini telah memanggil sejumlah bank dan perusahaan pembayaran, termasuk China Construction Bank dan Alipay, mendesak mereka untuk menindak lebih keras pada perdagangan uang kripto.

Baca juga: Saham China ditutup "rebound" dari kerugian 3 hari beruntun


Hal itu membebani perusahaan terkait blockchain seperti Client Service International Inc, Beijing Philisense Technology Co Ltd dan Verisilicon Microelectronics Shanghai Co Ltd, yang turun antara 3,8 persen dan 5,9 persen.

Di seluruh wilayah, indeks saham MSCI Asia kecuali Jepang naik 0,14 persen dan indeks Nikkei Jepang ditutup naik 3,12 persen.

Pada 07.15 GMT, yuan dikutip pada 6,4717 per dolar AS, 0,1 persen lebih lemah dari penutupan sebelumnya di 6,4653.


Baca juga: Saham China dibuka rugi lagi, Indeks Shanghai turun 0,28 persen

Baca juga: Saham Hong Kong turun tertekan melambatnya produksi pabrik China

 

Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar