Jakarta (ANTARA News) - Nintendo Co Ltd Rabu menyatakan akan meluncurkan versi berkemampuan 3D (tiga dimensi) game konsol DS di Jepang pada 26 Februari dan di Amerika Serikat pada Maret tahun depan, melewatkan musim belanja akhir tahun yang penting.

Saham Nintendo turun 3,7 persen pada 23.010 yen.

DS terbaru, dapat digunakan untuk bermain game 3D dan menonton film 3D tanpa kacamata khusus, dengan harga 25 ribu yen (298 dolar) di Jepang, kata Presiden Nintendo Satoru Iwata dalam acara peluncuran.

Lebih mahal dibandingkan harga eceran model DS terdahulu di Jepang yang sekitar 12.000-16.000 yen.

Nintendo tidak mengungkapkan harga atau tanggal peluncuran yang pasti untuk Amerika Serikat yang sejauh ini sebagai pasar terbesar bagi Nintendo. Mungkin Nintendo akan kehilangan pelanggan menghadapi pesaingnya Sony Corp dan Microsoft dengan perangkat motion-gaming yang akan dipasarkan akhir tahun.

3DS terbaru diperlihatkan dalam acara permainan E3 di Amerika Serikat awal tahun ini, dan Nintendo membutuhkan produk hit terbarunya sebagai penjualan di samping model DS dan konsol Wii.

"3DS diterima dengan baik di E3, tapi kita tidak puas dengan penjualannya," kata Iwata. "Salah satu masalahnya adalah kamu tidak dapat mengerti jika tidak mencobanya."

Perusahaan telah memotong harga model DS untuk meningkatkan penjualan, mengorbankan keuntungan kuartal April-Juni.

Banyak analis percaya bahwa Nintendo akan mengalami kesulitan yang memukul proyeksi laba 320 miliar yen tahun ini sampai Maret 2011, terutama mengingat kekuatan yen, demikian Reuters.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010