Barry Likumahuwa kenang sang ayah lewat proyek "Dear Pops"

Barry Likumahuwa kenang sang ayah lewat proyek "Dear Pops"

Artwork "Dear Pops" by Barry Likumahuwa. (ANTARA/BeatLuz Music)

Jakarta (ANTARA) - Musikus Barry Likumahuwa merilis proyek bertajuk "Dear Pops" yang berisikan dua karya sekaligus untuk mengenang sang ayah, Benny Likumahuwa yang meninggal dunia pada 9 Juni 2020.

Barry, melalui keterangannya pada Senin, merilis “Ode To Benny Liku”, sebuah lagu yang Barry ciptakan khusus untuk ayahnya, dan “Infra Polusi” yang merupakan aransemen ulang dari karya Benny Likumahuwa yang dirilis bersama The Rollies pada tahun 1976.

Baca juga: Indra Lesmana hingga Mocca, musisi jazz Indonesia yang mendunia

Kedua lagu ini direkam secara live tanpa overdub pada Mei 2021 di Reverend & Co. Studio, Jakarta Barat, bersama musisi rekan bermain Barry yang masing-masing pernah mendapat pendidikan baik formal maupun informal dari sang ayah, Benny Likumahuwa.

Ada pun para musisi yang terlibat dalam proyek musik ini adalah Dimas Pradipta pada drums, Bass G pada tenor saxophone, Doni Joesran pada electric piano, Georgie Tanasale pada perkusi, dan Ami Purba pada trumpet.

Mixing dan mastering dikerjakan oleh Dimas Pradipta, dan diproduseri oleh BeatLuz, serta music artwork digarap oleh Alexander Averil.

“Ode to Benny Liku” dan “Infra Polusi” mengandung unsur Tifa yang merupakan alat musik tradisional Maluku yang dimainkan oleh percussionist Georgie Tanasale.

Barry mengatakan dirinya banyak menggali sisi akar kebudayaan Maluku melalui karya-karya yang dirilisnya belakangan ini seperti, “Trust & Faith” dan “Nona Manis”, terutama semenjak kepergian sang Ayah yang selama ini memberikan Barry pemahaman tentang kebudayaan Maluku. Hal tersebut membuat Barry merasa perlu meneruskan legacy akan kecintaan terhadap budaya Indonesia Timur dari sang Ayah.

Kedua lagu ini nantinya akan masuk dalam sebuah album kompilasi karya-karya Barry yang akan dirilis dalam bentuk vinyl atau piringan hitam.

Sementara itu, “Dear Pops” dari Barry Likumahuwa telah tersedia di seluruh layanan musik digital.

Baca juga: Barry Likumahuwa masukkan unsur tradisi di lagu "Nona Manis"

Baca juga: Barry Likumahuwa produser lagu debut Fienda Ferani

Baca juga: Sosok Benny Likumahuwa di mata sang anak

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Begini rasanya nonton konser virtual Prambanan Jazz Online 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar