Cilegon (ANTARA News) - Antrian pemudik mulai terlihat di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon, Banten, sejak satu jam lalu.


Sejumlah pemudik berasal dari sejumlah daerah seperti Bekasi, Bogor Provinsi Jawa Barat dan Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah nampak terlihat antri di loket penumpang.


"Saya sengaja mudik lebih awal ketimbang menunggu dekat lebaran. Alhamdulilah walaupun di loket antri, namun lancar," kata salah seoarang warga Bogor yang hendak pulang kampung ke Palembang, Sumatra Selatan, Ridwan, sabtu.


Dijelaskan oleh bapak beranak dua ini, setelah mendapatkan cuti lebaran dari tempat kerjanya pada jumat Sore, ia bersama istrinya berkemas-kemas. "Dalam perjalanan dari bogor menuju Pelabuhan Merak juga tidak antri. Semuanya lancar," jelasnya.


Sementara itu, Ruminah (45) warga Bandung mengaku baru akan menyeberang ke Bakauheni, Lampung , pukul 06. 00 WIb pagi nanti. "Saya sengaja bermalam dulu di sini bersama anak dan suami saya karena kalau berangkat sekarang sampai sana belum ada mobil yang ke bengkulu,` jelasnya.


Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, Merak, Teja Suparna, menjelaskan, lonjakan penumpang yang terjadi di pelabuhan baru diawali. "Sabtu dini hari ini, lonjakan penumpang memang terjadi cukup signifikan dibanding dengan hari-hari sebelumnya," jelasnya.


(ANT-152/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010