Assalaamu’alaikum wr wb

Bpk. Andi Buchari, saya tertarik untuk melakukan penelitian mengenai perbankan syariah, bagaimana pertumbuhan bank syariah saat ini dibanding dengan bank konvensional?

Fata - Pontianak

Waalaikumussalaam wr wb


Saudara Fata, Dilihat dari pertumbuhan asset, perbankan syariah masih sangat prospektif. Data year on year triwulan I 2009 ke triwulan I 2010 menunjukkan aset perbankan syariah (BUS dan UUS) tumbuh 32%. Adapun Dana Pihak Ketiga (DPK) tumbuh 38%,dan pembiayaan meningkat 27%.

Sementara DPK perbankan konvensional hanya tumbuh sekitar 11,25 dan kreditnya hanya tumbuh 14,5%. Hal ini menunjukkan bahwa industri keuangan syariah masih sangat prospektif untuk berkembang.

Namun, pangsa pasar bank syariah dibanding perbankan konvensional masih kecil, oleh karena itu pemahaman dan kemauan masyarakat untuk berbank syariah perlu ditingkatkan secara terus menerus.

Saya yakin edukasi ekonomi dan perbankan syariah seharusnya bukan hanya menjadi kepentingan dan tanggung jawab perbankan syariah sendiri, namun juga media massa, pemerintah, bank sentral, akademisi, dan seluruh lapisan masyarakat.

Dengan meng-edukasi masyarakat akan ekonomi dan perbankan syariah, maka kita sekaligus meng-edukasi masyarakat untuk berekonomi secara lebih beretika dan lebih berkeadilan.

Pewarta: Bambang
Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2010