Playoff NBA

41 poin Paul George hidupkan asa LA Clippers

41 poin Paul George hidupkan asa LA Clippers

Guard Los Angeles Clippers Paul George (13) memasukkan layup dalam laga melawan Phoenix Suns pada paruh pertama gim kelima Final Wilayah Barat di Phoenix Suns Arena, Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, 28 Juni 2021. ANTARA/REUTERS/USA TODAY Sports/Joe Camporeale.

Jakarta (ANTARA) - Paul George mencetak poin terbanyak sepanjang karir playoffnya dengan 41 poin dan gebrakan Reggie Jackson pada saat-saat terakhir, membawa Los Angeles Clippers menghindari eliminasi pada gim kelima final Wilayah Barat dengan menaklukkan tuan rumah Phoenix Suns 116-102, Senin malam waktu setempat (Selasa WIB).

Kemenangan ini membuat kedudukan menjadi 2-3 menjelang pertandingan keenam yang akan dilangsungkan di kandang Clippers, Rabu malam waktu setempat.

George menciptakan 20 dari 41 poinnya pada kuarter ketiga ketika Clippers mengatasi defisit pertamanya dalam laga ini dengan perlahan tapi pasti.

Sebuah three-point play dari Cameron Johnson membuat Suns mendekat ke posisi 98-94 dalam 6 menit 58 detik terakhir tetapi itu terjadi ketika Jackson mengambil alih.

Jackson memasukkan dua lemparan tiga angka dan menghujamkan dunk saat melesat 14-2 di mana dia dan George menciptakan semua poin Clippers saat melonjak itu. Ini membuat selisih keunggulan menjadi 16 poin ketika waktu tinggal 4 menit 3 detik lagi.

Baca juga: Suns semakin mendekati Final NBA setelah tundukkan Clippers
Baca juga: George pimpin Clippers atasi Suns dalam gim ketiga final Wilayah Barat


Suns yang mencatat kemenangan kandang kelima berturut-turut, tak pernah lagi mendekati lawannya dalam selisih sedekat itu.

41 poin George melewati 39 poin yang dia ciptakan untuk Indiana Pacers saat melawan Washington Wizards pada 2014 dam ketika dalam pertandingan menghadapi Toronto Raptors pada 2016.

Dia berhasil pada 15 dari total 20 lemparan dalam laga Senin malam waktu setempat ini dan juga mengemas rebound terbanyak dalam laga ini dengan 13 rebound yang masih ditambah assist terbanyak untuk timnya dalam laga ini dengan enam assist. Tapi dia juga enam kali melakukan kesalahan umpan.

Jackson memasukkan 23 poin dan Marcus Morris Sr membungkus 22 poin untuk Clippers. DeMarcus Cousins yang mengisi tempat Ivica Zubac karena cedera, menyumbangkan 15 poin setelah masuk dari bangku cadangan.

Clippers melampaui efektivitas lemparan Suns, 54,8 persen melawan 45,2 persen.

Baca juga: Dunk detik terakhir dari Deandre Ayton bawa Suns memimpin 2-0
Baca juga: Devin Booker antar Suns bekuk Clippers di gim pertama final Barat


Devin Booker memimpin Suns dengan 31 poin. Suns terakhir kali masuk final NBA ketika melawan Chicago Bulls pada 1993. Sejak itu mereka kalah dalam final Wilayah Barat dari San Antonio Spurs pada 2005, Dallas Mavericks pada 2006 dan Los Angeles Lakers pada 2010.

Chris Paul mempersembahkan 22 poin dan delapan assist untuk Phoenix, sedangkan Johnson menyumbangkan 14 poin dan Deandre Ayton mencatat 10 poin ditambah 11 rebound.

Morris menciptakan 20 dari total 22 poinnya pada paruh pertama ketika Clippers tak pernah tersusul dan unggul sampai sebanyak 15 poin.

Pada periode itu Booker mengemas 19 poin untuk Suns yang berusaha mencapai Final NBA pertamanya dalam kurun 28 tahun terakhir, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Khris Middleton bawa Bucks hentikan Hawks untuk rebut gim ketiga
Baca juga: Pemain Hawks Trae Young jalani MRI engkel kanan yang terkilir
Baca juga: Trail Blazers gaet Chauncey Billups sebagai pelatih kepala baru

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar