Jakarta (ANTARA) - Deandre Ayton melepaskan dunk pada 0,7 detik tersisa ketika Phoenix Suns menang 104-103 atas tim tamu Los Angeles Clippers, Selasa waktu setempat (Rabu WIB), sehingga unggul 2-0 dalam final Wilayah Barat.

Cameron Payne mencetak poin terbanyak sepanjang karier dengan 29 poin untuk Suns, dan Ayton menyumbangkan 24 poin dan 14 rebound. Devin Booker yang bermain dengan hidung berdarah pada akhir kuarter ketiga, mengemas 20 poin.

Suns juga memperpanjang rangkaian kemenangan berturut-turutnya dalam playoff menjadi sembilan laga.

Payne berhasil memasukkan 12 dari total 24 lemparan, selain membuat sembilan assist tanpa membuat kesalahan umpan. Dia mengawali laga dalam posisi point guard untuk kedua laga berturut-turut, sedangkan Chris Paul mesti isolasi mandiri karena positif COVID-19.

Baca juga: Devin Booker antar Suns bekuk Clippers di gim pertama final Barat
Baca juga: Chris Paul absen bela Phoenix Suns karena protokol COVID-19


Paul George membukukan 26 poin dan Reggie Jackson memasukkan 19 poin untuk Clippers yang tertinggal 0-2 dalam tiga seri playoff berturut-turut. Mereka bangkit untuk balik mengalahkan Dallas Mavericks pada babak pertama playoff dan balik mengalahkan unggulan utama Utah Jazz dalam semifinal wilayah.

George gagal memasukkan sepasang lemparan bebas pada 8,2 detik tersisa sehingga memberi kesempatan kepada Suns memenangkan gim ini.

Clippers memainkan pertandingan playoff keempat berturut-turut tanpa diperkuat Kawhi Leonard yang terkilir lutut kanan.

Gim ketiga akan dimainkan Kamis malam waktu setempat di Los Angeles di mana Clippers menang dalam empat gim terakhir setelah kalah dalam tiga laga kandang melawan Dallas.

Baca juga: Keluarga Kobe Bryant sepakati penyelesaian gugatan terhadap pilot

Kedua tim beberapa saling menyusul angka dalam menit terakhir. Clippers unggul 101-100 pada 30,9 detik tersisa berkat layup dari George yang terjadi setelah Ivica Zubac memblok layup Payne. Zubac mempersembahkan 14 poin dan 11 rebound untuk Clippers.

Booker mengembalikan Suns unggul 102-101 melalui jump shot dalam 27 detik tersisa, namun George membalas dengan jump shot dari jarak 18 kaki untuk menjadikan kedudukan 103-102 pada 22,2 detik tersisa.

Setelah Patrick Beverley memaksa Booker salah umpan pada 9,3 detik tersisa, George yang semestinya memberikan tiga angka untuk Clippers malah gagal dalam dua lemparan bebas.

Mikal Bridges gagal memasukkan sebuah lemparan tiga angka dalam 3,3 detik terakhir yang memberi kesempatan Suns untuk memimpin, namun Clippers membuang bola dalam detik terakhir. Jae Crowder lalu mengirimkan umpan yang diakhiri dunk oleh Ayton sebagai poin penentu kemenangan, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Kevin Durant dan James Harden dikabarkan gabung tim Olimpiade AS
Baca juga: Trae Young dan Jamal Murray jadi penguji bola baru NBA
Baca juga: Kevin Huerter bawa Hawks ke final Wilayah Timur

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021