Bandung (ANTARA News) - Hari kedua Idul Fitri atau H+1 usai perayaan lebaran, jalur pantura Indramayu masih terlihat dipenuhi oleh kendaraan pemudik dari arah Jakarta.

Pantauan ANTARA di Posko Mudik Indramayu Pertigaan Celeng, sejumlah kendaraan pemudik masih memadati jalur Pantura Indramayu sejak hari pertama usai pelaksanaan shalat Idul Fitri Jumat kemarin.


Peningkatan kendaraan terjadi sejak Jumat siang hingga Sabtu dini hari, dimana kendaraan pribadi yang banyak mendominasi jumlahnya hampir 100 mobil per menitnya.


"Saat hari pertama hingga Sabtu dini hari terjadi peningkatan kembali arus mudik ke arah Cirebon, ini dimungkinkan karena banyak pemudik yang melakukan perjalanan jarak dekat seperti ke Cirebon, Kuningan atau Tegal," ujar Suyono petugas Dishub di Posko mudik Celeng.


Arus kendaraan per menit hingga pukul 06.30 wib, sekitar 100 hingga 160 kendaraan pribadi yang melintas, bahkan beberapa kali sempat terjadi kemacetan panjang di ruas Celeng Jatibarang.


Hingga kini arus kendaraan yang melintas di ruas Celeng - Jatibarang padat merayap, petugas kepolisian sendiri tidak melakukan sistem buka tutup di pertigaan Celeng.


"Sengaja kita tidak lakukan sistem buka tutup di Celeng, karena diperkirakan akan terjadi penumpukan kalau diarahkan ke jalur Bangkir lewat Kota Indramayu, karena banyak aktiftas masyarakat yang meningkat di kawasan tersebut," ujar anggota Polantas di Pos Celeng Briptu Yudo.


Sementara untuk arus dari arah Cirebon menuju ke Jakarta hingga kini masih terlihat lengang, dimana sejumlah kendaraan yang melintas ke arah Jakarta didominasi bus dan motor yang diperkirakan akan mudik jarak dekat.


(ANT/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010