Magelang (ANTARA News) - Arus lalu lintas jalur Magelang-Yogyakarta antara Mertoyudan-Palbapang di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah pada H+2 Lebaran, Senin, macet karena padatnya kendaraan yang melintas di jalur tersebut.

Dari pantauan di lokasi, pelebaran jalan yang belum selesai jadi kantong kemacetan dan pada ruas jalan yang sudah dilebarkan terdapat antrean kendaraan hingga tiga lajur saat memasuki ruas jalan yang menyempit.

Di daerah Gulon yang sebagian pelebaran ruas jalan sudah selesai terdapat antrean kendaraan, karena untuk memasuki kawasan Blabag kendaraan harus antre satu persatu dari sebelumnya antrean mencapai tiga lajur.

Kemacetan didominasi kendaraan dari arah Kota Magelang, sedangkan kendaraan dari arah Muntilan sedikit lancar meskipun harus berjalan merayap.

Beberapa kendaraan yang mau menuju Kota Magelang sebagian dialihkan melalui Mungkid untuk mengantisipasi kemacetan bertambah parah.

Beberapa petugas polisi di Pertigaan Palbapang terlihat menyarankan kepada para pengendara untuk melalui jalur alternatif Palbapang-Mungkid untuk menghindari kemacetan.

Beberapa pengemudi mobil dari arah Magelang terlihat berbalik arah untuk melalui jalur alternatif setelah mengetahui terjadi kemacetan panjang di jalur tersebut.

Seorang warga Yogyakarta, Muhamdi, yang pulang bersilaturahmi di tempat saudaranya di Magelang mengurungkan niatnya melalui jalur Gulon-Palbapang setelah mengetahui terjadi antrean panjang kendaraan di depannya.

"Kami lebih baik balik arah menuju Mungkid dan nanti tembus Palbapang sehingga tidak terjebak kemacetan," katanya.

Sementara itu, arus kendaraan Magelang-Secang hingga Senin malam masih terjadi antrean panjang karena terjadi penyempitan ruas jalan di daerah Sambung, sedangkan kendaraan dari arah Secang menuju Kota Magelang cukup lancar.
(H018/M027)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010