Jakarta (ANTARA) - Tokopedia kembali menghadirkan konferensi teknologi tahunan START Summit, tahun ini acaranya diselenggarakan secara virtual pada 3 Juli 2021.

START Summit 2021 mengambil tema "Transforming Indonesia Through Technology" yang dapat diikuti melalui Tokopedia Play, Official YouTube Inside Tokopedia serta situs Tokopedia pada pukul 09.00-18.00 WIB.

"Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia terus berupaya mendukung kemajuan talenta digital Indonesia dan membentuk ekosistem yang kolaboratif. Salah satunya melalui START Summit, yang merupakan wadah berbagi pengalaman para pegiat teknologi, pelaku bisnis teknologi, hingga komunitas digital, yang memiliki semangat sama dalam memajukan industri teknologi Indonesia," ujar Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison dalam webinar "Tokopedia START SUMMIT" pada Rabu.

Baca juga: Rencana IPO GoTo momentum penguatan pasar modal nasional

Ada tiga topik utama yang akan dibahas dalam START Summit 2021 yaitu Core Engineering, Infrastructure dan Productivity serta Data. Core Engineering akan membicarakan seputar pemrograman, pengembangan produk dan memantau atau pengelola promo yang terintegrasi.

Infrastructure dan Productivity membahas tentang strategi multi-cloud, memastikan lebih dari 100 juta pengguna Tokopedia mendapatkan pengalaman pengguna terbaik. Sedangkan sesi Data akan lebih berbicara seputar bagaimana Tokopedia menciptakan otomatisasi menggunakan data science dan machine learning.

Sederet talenta digital Tokopedia yang terdiri dari 28 pembicara akan membagikan berbagai informasi mulai dari pemrograman, pengembangan produk, pengelolaan kampanye yang terintegrasi, strategi multi-cloud dan berbagai inovasi lain.

Seluruh kelas yang tersedia dalam rangkaian kegiatan Tokopedia START Summit 2021 ini dapat diakses secara gratis. Masyarakat cukup melakukan registrasi melalui situs Tokopedia Academy.

Selain START Summit, Tokopedia melalui Tokopedia Academy juga menghadirkan beragam inisiatif untuk talenta digital Indonesia, misalnya START Summit Extension, START Women in Tech, Devcamp, Tokopedia Internship, Product Design Academy, Summer Acceleration Program, kolaborasi dengan universitas misal dalam membangun AI Center hingga modul perkuliahan, dan masih banyak lagi.

Di sisi lain, Tokopedia juga telah menghadirkan dua inisiatif guna mendukung Program Kampus Merdeka besutan Kemendikbud Ristek RI. Pertama, program Magang Bersertifikat yang tersedia untuk tiga bidang yaitu Software Engineering, Marketing dan Business Development.

Kedua, Hackathon Devcamp yang merupakan kompetisi membangun produk dan solusi dalam waktu sangat singkat.

Baca juga: GoTo dinilai sudah penuhi kualifikasi perlindungan data pribadi

Baca juga: Kisah dua pelaku UMKM lestarikan budaya Betawi lewat platform digital

Baca juga: Tren dan kiat rencanakan pernikahan saat pandemi

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021