Palembang (ANTARA News) - Rombongan terakhir jemaah Sumatra Selatan, kloter 23, dijadwalkan tiba di Palembang Jumat besok dan Kamis malam mereka bertolak dari Tanah Suci.

Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Departemen Agama Sumsel, Drs H Udin Djuhan, di Palembang Kamis mengatakan, mereka diperkirakan tiba di Palembang besok karena perjalanan yang ditempuh dari Tanah Suci kurang lebih sembilan jam.

Berdasarkan jadwal seharusnya jemaah yang berasal dari Kabupaten Banyuasin itu akan tiba hari ini, namun ternyata mengalami penundaan, kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, penundaan tersebut karena adanya perubahan pemberangkatan yang semula dilaksanakan kemaren ternyata malam ini.

Pemberangkatan jemaah yang berjumlah 254 ditambah lima petugas itu diharapkan tidak mengalami perubahan lagi sehingga panitia dapat melaksanakan tugas sesuai jadwal, ujar dia pula.

Selain jemaah Sumsel, penerbangan terakhir itu juga ada jemaah asal Solo, Jawa Tengah (Jateng) yang pemberangkatannya dalam satu peswat yakni Garuda Indonesia atau bersama dengan Sumsel itu.

Jemaah asal, Jawa Tengah (Jateng) itu nantinya juga akan mendarat ke Palembang terlebih dahulu setelah itu mereka melanjutkan penerbangan ke Solo, kata dia.

Calon haji Sumsel yang terdaftar untuk menunaikan rukun Islam kelima tahun 2009 ini sebanyak 6.349 orang, namun yang diberangkatkan menuju tanah suci tercatat 6.325 jemaah karena 24 diantaranya tidak bisa berangkat akibat meninggal dunia, sakit dan urusan keluarga.

Jemaah haji Sumsel tersebut dibagi dalam 20 kloter ditambah tiga penerbangan dari Provinsi Bangka Balitung yang pemulangannya dimulai pada 3 Desember hingga 1 Januari 2010.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009