London (ANTARA News) - Ketika Inggris berhasil mengalahkan lawannya Meksiko di Webley 3-1, salah satu tim unggulan Piala Dunia Afrika Selatan 2010, Portugal malah gagal mencetak satu gol pun ke gawang Cape Verde, sebuah negara dari Benua Afrika.

Tanpa diperkuat pemain-pemain utamanya dari Chelsea seperti Frank Lampard, John Terry, atau Ashley Cole, Inggris mampu mematahkan perlawanan Meksiko lewat gol Ledley King, Peter Crouch, dan Glen Johnson.

Sementara Portugal dengan skuad terbaiknya termasuk Ricardo Carvalho, Miguel Veloso, Nani, Deco, Liedson, dan Cristiano Ronaldo bahkan tidak bisa menggulirkan bola melewati garis gawang Cape Verde, sebuah negara kecil dari Afrika.

Bermain tanpa gol di Complexo Desportivo in Covilha, Portugal, Ronaldo dan kawan-kawan sepertinya harus banyak berbenah mengingat mereka tergabung di goup G yang santer dijuluki grup maut karena terdiri dari Brazil, Pantai Gading, dan Korea Utara.

Tetapi Inggris bukan satu-satunya tim yang berjaya di laga persahabatan. Argentina justru unggul dengan torehan lima gol atas Kanada setelah Maxi Rodriguez mencetak dua gol lalu ditambah masing-masing satu gol oleh Angel Di Maria, Carlos Tevez, dan Sergio Aguero.

Kemenangan Inggris dan Argentina diikuti juga oleh Australia yang mampu mengatasi Selandia Baru 2-1 di Melbourne Cricket Ground, Australia, meski kemenangan Australia harus dipastikan dengan gol Brett Holman di menit ke 90.

Korea Selatan juga mencatatkan diri sebagai tim yang berjaya di laga persahabatan setelah membuktikan dominasinya atas Jepang yang juga lolos ke Afrika Selatan.

Meski bermain di Stadion Saitama, kandang Jepang, Korea Selatan justru mampu unggul dua gol lewat aksi dua pemain yang bermain di liga Eropa, Park Ji-sung dari Manchester United dan Park Chu-Young yang merumput di AS Monaco.

Sementara itu tuan rumah Afrika Selatan harus menelan kekecewaan setelah catatan positifnya harus berakhir di kaki Bulgaria setelah ditahan imbang di Johannesburg 1-1.

Adalah Valery Bojinov yang mematahkan hati Bafana-Bafana setelah membalas gol Chris Killen di menit 16 dengan sontekannya di menit 31.

Afrika Selatan akan berhadapan dengan Meksiko di laga pembukaan Piala Dunia, 11 Juni mendatang.
(Ber/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010