Melbourne (ANTARA News) - Tim nasional Australia yang dijuluki The Socceroos meninggalkan negaranya menuju Afrika Selatan, Rabu, dengan harapan tinggi untuk mencetak prestasi di pesta sepak bola terbesar dunia itu.

Australia akan menjadi tim pertama yang tiba di Afsel. Pelatih Pim Verbeek telah menjadwalkan hari pertama berlatih pada Kamis di Johannesburg.

Kapten Lucas Neill mengatakan di Bandara Melbourne, Australia menuju Afsel dengan membawa harapan tinggi.

"Kami akan pergi. Mari berharap agar kami bisa mendapatkan kegembiraan yang sama seperti pada turnamen sebelumnya," kata Neill seperti dikutip AFP.

Australia berhasil melewati babak penyisihan grup pada turnamen 2006 di Jerman sebelum akhirnya harus tunduk pada Italia melalui tendangan pinalti di detik-detik terakhir babak kedua.

Penjaga gawang klub Fulham, Mark Schwarzer yang juga ikut dalam tim pada 2006 mengatakan, bermain pada laga yang menarik membuatnya bersemangat.

"Jika Anda tidak senang dengan hari seperti saat ini, Anda tidak akan pernah memiliki gairah untuk sepak bola atau bahkan untuk hidup," katanya.

"Ini adalah puncak karir setiap orang. Menjadi bagian dalam tim Piala Dunia, mengalaminya, mengetahui apa yang ada di depan... saya sangat sangat bersemangat."

Verbeek membawa tim sementara dengan 28 pemain ke Afsel dan harus memangkas timnya menjadi 23 pemain pada 1 Juni.

The Socceroos akan melakukan laga pemanasan melawan Denmark pada 1 Juni dan melawan AS pada 5 Juni sebelum menjadi tim pembuka Piala Dunia melawan Jerman di Durban pada 13 Juni.

Australia mengalahkan tim Selandia baru 2-1 pada pertandingan persahabatan di Melbourne, Senin.
(S022/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010