Semarang (ANTARA News) - Sekolah Sepak Bola (SSB) Pengurus Cabang PSSI Kota Semarang berhak mewakili Indonesia tampil pada kejuaraan sepak bola Piala Danone dunia di Afrika Selatan, 29 September hingga 3 Oktober 2010.

Sekretaris Umum Pengprov PSSI Jawa Tengah, Johar Lin Eng di Semarang, Sabtu, mengatakan sukses SSB Pengcab PSSI Kota Semarang ini berkat keberhasilannya menjadi juara nasional Piala Danone tingkat nasional 2009.

Sebenarnya, kata dia, SSB Pengcab PSSI Kota Semarang ini berhak tampil pada Piala Danone dunia 2009 di Brasil tetapi ditunda karena merebaknya wabah H1N1 (flu babi) pada masa-masa itu.

Menurut dia, SSB Pengcab Kota Semarang akhirnya akan diterjunkan pada Paial Danone Internasional ke-11 di Afrika Selatang mendatang.

"Pada event di Afrika Selatan mendatang, Indonesia akan diwakili dua tim. Yang pertama adalah SSB Pengcab Kota Semarang, sedangkan satu tim lagi akan ditentukan pada Piala Danone tingkat nasional yang kini sedang memasuki babak penyisihan di tingkat provinsi," katanya.

Babak penyisihan tingkat provinsi atau regional ini berlangsung di beberapa kota di Tanah Air seperti di Banda Aceh dan Yogyakarta (22-23 Mei), Banjarmasin dan Padang (29-30 Mei), Makassar dan Semarang (5-6 Juni), Papua (8-9 Juni), Medan dan Bandung (12-13 Juni), serta Banten, Jakarta, dan Surabaya (19-20 Juni).

Juara masing-masing kota tersebut akan bertanding di tingkat nasional yang berlangsung di Jakarta, 24-25 Juli 2010, sedangkan juara nasional bersama SSB Pengcab Kota Semarang berhak mewakili Indonesia pada event tingkat internasional di Afrika Selatan mendatang.

Ia mengatakan, dengan gelar juara ini maka pada 2010 ini SSB Pengcab Kota Semarang tidak ikut babak event tersebut.

Indonesia telah berpartisipasi pada Piala Danoe internasional setiap tahun sejak 2003 dengan prestasi terbaik diraih pada 2006 yaitu menempati peringkat keempat dunia.

Pada 2005 tim Indonesia berhasil meraih gelar "The Best Attack Team" dengan memecahkan rekor gol terbanyak sepanjang pelaksanaan event tersebut sebanyak 24 gol.
(U.H015/M028/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010