London (ANTARA News) - Mario Zagallo, satu-satunya orang Brazil yang pernah memenangi Piala Dunia sebagai pelatih dan pemain malah menjagokan Inggris sebagai Piala Dunia Afrika Selatan 2010.

Kepada jajak pendapat yang diselenggarakan oleh BBC Sport, pria yang pernah membawa Brazil juara pada 1958 dan 1962 sebagai pemain, juga mengatakan Brazil tidak akan juara di Afrika Selatan.

"Brazil selalu dijagokan tetapi saya punya firasat bahwa Inggris akan menjadi kejutan. Mereka adalah tim yang kuat dengan seorang pelatih asal Italia," kata Zagallo yang melatih Brazil ketika Tim Samba menjuarai Piala Dunia 1970 dan sebagai asisten pelatih ketika mereka meraih trofi keempatnya pada 1994.

Roberto Rivelino, mantan gelandang Brazil yang mempersembahkan Piala Dunia 1970 bagi Brazil juga menempatkan Brazil di bawah Inggris dan Spanyol.

"Sangat sulit jika bicara tentang favorit, secara tradisional tim-tim seperti Italia, Jerman, Brazil, dan Argentina akan semakin kuat. Dewasa ini Spanyol dan Inggris juga hebat tetapi sepak bola berkembang dengan level teknik yang rendah sehingga bisa muncul tim kejutan," ungkap mantan pemain yang juga memperkuat Brazil di Piala Dunia 1974 dan 1978.

Tim asuhan Dunga itu sejak awal memang harus melalui jalan yang terjal agar bisa lolos dari babak penyisihan grup karena harus menghadapi tim-tim terbaik di dunia seperti Portugal, Pantai Gading, dan Korea Utara.

Tidak heran jika kemudian jajak pendapat BBC Sport menempatkan Brazil di posisi kedua dari empat tim terfavorit yang akan menjuarai Piala Dunia Afrika Selatan, sementara Inggris berada di tempat keempat dan Argentina di posisi ketiga.

Jajak pendapat itu melibatkan lebih dari 50 pakar, pemain, pelatih, dan wartawan sepak bola dari tidak kurang 20 negara.
(Ber/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010