Ini syarat dapatkan paket obat isolasi mandiri gratis di Alodokter

Ini syarat dapatkan paket obat isolasi mandiri gratis di Alodokter

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah telah bekerjasama dengan telemedisin swasta untuk memberikan pelayanan gratis terhadap pasien COVID-19 dengan gejala ringan yang menjalani isolasi mandiri (isoman). Program ini menyediakan layanan telekonsultasi dokter dan paket obat isolasi mandiri gratis bagi pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri.

Baca juga: Daftar 11 telemedisin gratis dan layanan yang disediakan

Alodokter dalam keterangan resmi, Kamis, mengatakan saat ini program pemberian paket obat isolasi mandiri gratis dari Kementerian Kesehatan hanya berlaku untuk pasien COVID-19 tanpa gejala dan gejala ringan di wilayah DKI Jakarta yang menerima notifikasi Whatsapp dari Kementerian Kesehatan RI (dengan centang hijau).

“Besar harapan kami program kolaborasi ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat yang terdampak COVID-19 dan mereka yang menjalani isolasi mandiri. Alodokter terus berupaya dalam memberikan pendampingan, edukasi, dan layanan kesehatan kepada masyarakat serta mendukung pemerintah dalam penanggulangan COVID-19. Bersama kita bisa melalui masa sulit ini," kata Co- Founder dan Director Alodokter Suci Arumsari.

Berikut ini syarat dan ketentuan untuk mendapatkan telekonsultasi gratis di Alodokter dan paket obat isolasi mandiri gratis dari Kementerian Kesehatan, dikutip dari laman resmi Alodokter.

Baca juga: IDI usulkan Kemenkes sediakan sistem telemedisin untuk isoman COVID-19

Pasien melakukan tes PCR atau tes usap antigen di laboratorium yang terafiliasi dengan Kementerian Kesehatan RI. Jika hasil tesnya positif dan lab melaporkan hasilnya ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR), maka pasien akan menerima Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

Data ini wajib dilaporkan setiap lab penyedia layanan test COVID-19 ke Kementerian Kesehatan. Kasus positif adalah pasien yang memiliki hasil positif tes PCR dari 7 hari ke belakang atau tes usap antigen positif dari dua hari terakhir.

Program ini hanya berlaku di DKI Jakarta. Pasien yang ingin mendapat layanan pendampingan dan konsultasi dokter pribadi gratis di Alodokter bisa mendaftarkan diri di tautan ini https://program.alodokter.com/syarat-ketentuan-paket-obat-isoman-gratis/

Setelah mengisi formulir, pasien yang memenuhi persyaratan akan mendapatkan konfirmasi melalui Whatsapp dan bisa berkonsultasi secara cuma-cuma di aplikasi Alodokter. Setelah berkonsultasi, dokter pendamping pasien COVID-19 akan memberikan resep digital Paket Obat Isoman Gratis sesuai kondisi pasien. Jika diperlukan, obat di luar paket obat Kementerian Kesehatan bisa diberikan dan ditebus secara mandiri. Resep akan dikirim dalam bentuk PDF melalui Whatsapp atau surel. Pasien harus menginformasikan lagi data seperti NIK, nama, nomor WA dan surel ketika berkonsultasi dengan dokter di Alodokter untuk kebutuhan resep.

Resep digital itu bisa dikirimkan ke nomor WhatsApp gerai Kimia Farma yang terpilih.


Baca juga: Pemerintah tempuh sejumlah upaya mengatasi kelangkaan obat

Baca juga: Studi: Orang Indonesia manfaatkan teknologi untuk tingkatkan kesehatan

Baca juga: Aplikasi telemedisin aido health tambah fitur baru

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemenkes imbau pasien isoman manfaatkan 11 layanan Telemedicine

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar