Durban (ANTARA News/Reuters) - Spanyol akan memasuki hingar bingar arena Piala Dunia dengan dada membusung meski masih ada pertanyaan menggantung mengenai kesiapan Fernando Torres dan Andres Iniesta saat bertarung melawan Swiss di laga perdana Grup H, Rabu.

Skuad ini penuh sesak dengan pemain bertalenta sehingga tidak mengejutkan jika jawara Eropa tersebut akan menang mudah saat kedua tim pada akhirnya bertemu.

Sukses buang sial saat Euro 2008 dengan pertahanan yang konsisten, gelandang bertalenta dan penyerang mematikan, tim berjuluk La Furia Roja ini diunggulkan meraih penghargaan tertinggi dalam sepak bola di turnamen Afrika Selatan.

Pelatih Spanyol Vicente del Bosque mungkin tidak akan mempertaruhkan Torres yang baru saja pulih dari operasi lutut, dan memasang David Villa sebagai penyerang tunggal di depan lima gelandang.

Andres Iniesta sepertinya juga sudah pulih dari cidera paha dan bisa menempati posisinya sebagai gelandang. Namun dengan kualitas Cesc Fabregas atau rekan Villa di klub Valencia, Juan Mata, Del Bosque rasa-rasanya tidak perlu terlalu khawatir.


Swiss yang cekatan

Pada laga perdananya di Stadion Moses Mabhida, Spanyol akan bertemu dengan tim Swiss yang cekatan meski menunjukkan performa kurang meyakinkan pada laga menuju turnamen, dan akan bermain tanpa pencetak gol andalan yang juga kapten tim, Alex Frei.

Swiss juga akan kehilangan gelandang Valon Behrami yang mengalami cidera paha.

Jika pelatih Ottmar Hitzfeld tetap pada formasi 4-4-2, berarti Eren Derdiyok akan menggantikan posisi Frei berpasangan dengan Blaise Nkufo di lini depan.

"Mereka adalah tim yang sangat kompak. Pada Piala Dunia terakhir mereka pulang tanpa kemenangan namun sekarang penampilan mereka bagus," kata Del Bosque kepada jaringan televisi Spanyol.

"Mereka sudah bermain bersama selama bertahun-tahun dan menurut pendapat saya tim ini punya kualitas," katanya.

Swiss tampaknya sudah benar-benar melupakan kekalahan atas Luksemburg pada kualifikasi Piala Dunia. Namun mereka masih harus menelan tiga kekalahan dalam tanding persahabatan menjelang turnamen dan tidak pernah menundukkan Spanyol.

Spanyol memiliki catatan penuh dengan performa stabil. Tim Matador ini hanya kalah satu kali dalam tiga tahun terakhir --melawan Amerika Serikat pada Piala Konfederasi 2009 di Afrika Selatan.

Skuad bertalenta ini belum pernah memenangi Piala Dunia, namun susunan tim untuk turnamen 2010 lebih dari cukup untuk bisa melewati Swiss dan menggapai puncak grup yang juga diisi oleh Chile dan Honduras tersebut.(*)
(S022/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010