Jakarta (ANTARA News)- Panasnya persaingan ala neraka di Grup G Piala Dunia 2010 segera dimulai Selasa malam dengan pertemuan antara Portugal dan Pantai Gading di Stadion Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth.

Meski diperkuat pemain-pemain sekaliber Christiano Ronaldo, Simao Sabrosa, dan Pepe, Portugal dinilai tidak akan mampu mengimbangi permainan Pantai Gading.

Betapa tidak, dengan materi pemain kelas wahid itu Portugal masih terseok-seok di babak kualifikasi dan akhirnya harus menjalani 'play off' melawan Bosnia untuk bisa mendarat di Afrika Selatan.

Yang paling memalukan adalah ketika ditahan imbang tanpa gol oleh tim lemah Albania di kandang sendiri dalam laga kualifikasi. Terakhir tim besutan mantan pelatih Real Madrid, Carlos Queiroz, dan diperkuat oleh penyerang termahal di dunia itu gagal mencetak gol dalam laga persahabatan melawan Cape Verde, tim 'antah berantah' di jagat sepak bola internasional.

Sementara kubu Sven Goran Eriksson yakin mereka akan menemani Brazil lolos ke babak 16 besar dengan materi pemain yang merata di setiap lini. Drogba dan Salaomon Kalou di lini depan, Kolo Toure dan Emamnuel Eboue di lini belakang, serta gelandang Barcelona Yaya Toure dan Didier Zokora dari Sevilla menjaga keseimbangan di lini tengah.

Catatan Pertemuan

Stadion Nelson Mandela Bay dan ribuan penonton akan menjadi saksi pertarungan perdana antara kedua negara ini dalam sejarah.

Fokus Pemain

Cidera yang diderita Didier Drogba dalam laga persahabatan melawan Jepang memberi peluang bagi rekan setim dari Chelsea, Salomon Kalou menjadi tumpuan utama di lini depan tim berjuluk 'Si Gajah' itu.

Di Portugal, tidak ada yang lebih diandalkan selain Christiano Ronaldo. Bahkan ada yang menilai permainan Portugal adalah permainan Ronaldo sendirian. Tetapi kemampuan Ronaldo patut dipertanyakan ketika gagal mencetak gol dalam laga yang berakhir imbang tanpa gol melawan Cape Verde.

Data Laga

Tempat: Stadion Port Elizabeth

Wasit Utama: Jorge Larrionda (Uruguay)

Wasit Garis: Pablo Fandino (Uruguay) and Mauricio Espinosa (Uruguay)

Wasit Keempat: Martin Vazquez (Uruguay).
(Ber/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010