Johannesburg (ANTARA News) - Juara Dunia Italia harus tersingkir secara menyakitkan, langsung di penyisihan grup Piala Dunia 2010, setelah ditumbangkan 2-3 oleh Slowakia pada pertandingan Kamis malam ini.

Kemenangan Slowakia membuat negara ini maju ke babak kedua putaran final Piala Dunia 2010.

Penyerang Robert Vittek menciptakan gol di menit 25 dan 73, sementara Kamil Kopunek menambahkan satu gol lainnya di menit 89, dalam pertandingan terakhir Slowakia di Ellis Park, melawan Italia.

Sejak Vittek mencetak gol, lambaian bendera kebangsaan Italia seolah berhenti berkibar.

Antonio Di Natale dan Fabio Quagliarella mencetak dua gol balasan untuk Italia.

Slowakia, yang mengubah formasi permainannya untuk menciptakan pasukan yang lebih agresif guna memenangkan laga sehingga bisa lolos dari babak kualifikasi, mengawali pertandingan dengan cemerlang dan bermain dengan cepat melawan Italia yang tampil buruk di sepanjang turnamen.

Hasil seri 1-1 yang dicapai Azzurri melawan Paraguay dan Selandia Baru di dua pertandingan sebelumnya yang mempengaruhi penampilan terakhir Italia telah menguntungkan Slowakia.

Daniele De Rossi menciptakan blunder di area pertahanan dan Slowakia langsung menyerang ke jantung pertahanan Azurri yang pertahanannya mendadak menganga.

Juraj Kucka memainkan bola yang diteruskan ke Vittek untuk menciptakan gol ke sudut gawang di luar jangkauan kiper Federico Marchetti.

Vittek menjaringkan gol keduanya dari jarak sangat dekat, setelah Di Natale menciptakan gol balasan di menit 81, namun setelah itu pemain pengganti Kopunek menciptakan gol ketiga Slowakia.

Quagliarella lalu mengubah kedudukan menjadi 3-2 lewat tendangan jarak jauh melewati Jan Mucha yang terlambat bereaksi.

Setelah Prancis yang lebih dulu tersingkir, inilah untuk pertama kalinya dua finalis Piala Dunia gagal berbarengan melewati babak "knockout."

Kekalahan mengejutkan itu menjadi akhir dari masa kepelatihan Marcello Lippi dan akhir buruk dari karir internasional Fabio Cannavaro dan Gennaro Gattuso setelah ketiganya akan pensiun dari timnas usai  turnamen ini.(*)

Reuters/Jafar Sidik

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010