Tokyo (ANTARA News) - Perdana Menteri Jepang Naoto Kan menerima skuad Jepang di Piala Dunia, Rabu, setelah kalah dari Paraguay yang tidak terduga mengakhiri penampilan kokoh kesebelasan Samurai Biru (Blue Samurai) di Afrika Selatan.

"Mereka telah menunjukkan kepada dunia kekuatan sepak bola Jepang secara nyata dengan bekerja secara tim," kata Kan dalam pernyataannya. "Saya menghargai mereka atas keberanian perjuangan mereka.", sebagaimana dikutip dari AFP.

Dalam pertandingan yang sangat melelahkan, perwakilan terakhir Asia di Afrika Selatan bertarung seacara berani, namun gagal karena dominasi Paraguay, terutama kehilangan angka dalam tendangan penalti 5-3 sesudah tambahan waktu karena skor sebelumnya 0-0.

Pada awalnya "Blue Samurai" pernah mencapai 16 besar babak knockout pada Piala Dunia tahun 2002 ketika Jepang menjadi tuan rumah bersama Korea Selatan.

Kekuatan tim bagi masyarakat Jepang, sungguh mengejutkan, karena harapan masyarakat tidak terlalu tinggi terhadap tim nasional tersebut, mengingat penampilan mereka beberapa tahun teakhir di pertandingan skala internasional kurangmengesankan.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010