Port Elizabeth, Afrika Selatan (ANTARA News) - Seni sepak bola ala Belanda dan Brazil sudah tidak mendapat tempat lagi dalam turnamen besar layaknya Piala Dunia, kata pelatih Belanda Bert Van Marjwik, Kamis.

"Saya tahu tim Brazil memainkan seni sepak bola yang indah...begitu juga dengan Belanda. Namun sekarang tidak ada lagi tempat untuk `total football` atau `gaya Samba`," kata Van Marwijk, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Olah raga ini sudah berubah dan semuanya berlalu dengan cepat. Pemain lebih fit dan tim lebih terorganisir sehingga anda tidak bisa lagi mempertontonkan seni sepak bola semacam itu dalam Piala Dunia."

Kedua tim itu akan bertemu pada laga pertama perempat final, Jumat (2/7) di Stadion Nelson Mandela Bay di Port Elizabeth.

Belanda mencatat 12 kemenangan berturut-turut dari kompetisi sebelumnya. Sementara Brazil selama turnamen di Afsel mencatat tiga kemenangan dan ditahan imbang oleh Portugal pada final grup.

"Kedua tim memiliki gaya sendiri-sendiri dan tidak pernah menyesuaikan dengan permainan lawan. Itu akan membuat laga nanti menarik," kata Van Marwijk.

"Saat ini Spanyol adalah tim yang mempunyai gaya bermain paling bagus meskipun selama Piala Dunia ada saat-saat mereka tidak mampu memainkan gaya mereka sendiri."

"Dalam keadaan normal saya sangat menyukai gaya bermain mereka. Namun sekarang mereka menghadapi masalah untuk menciptakan kesempatan dan saya yakin mereka lebih sedikit membuka peluang gol dibandingkan kami."

Belanda bebas dari masalah cidera pemain untuk laga Jumat, dan Van Marwijk menegaskan mereka tidak gentar menghadapi Brazil.

"Kami tidak takut dan yakin bisa menundukkan mereka. Merekalah yang harus takut menghadapi kami dan mungkin mereka lebih takut dari yang kami bayangkan."
(S022/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010