Johannesburg (ANTARA News) - Pelatih Belanda Bert van Marwijk menegaskan bahwa timnya tidak akan gegabah dengan menganggap enteng Uruguay pada pertandingan semifinal Piala Dunia 2010 yang akan berlangsung di Cape Town pada 6 Juli mendatang.

"Uruguay telah memperlihatkan kualitas mereka sehingga mampu lolos (ke semifinal)," katanya saat jumpa pers usai latihan Tim Oranye tersebut di komplek kampus Universitas Wits di Johannesburg, Sabtu.

Van Marwijk yang menangani tim Belanda sejak pasca Euro 2008, menggantikan Marco van Basten, mengatakan bahwa ia harus mempersiapkan tim sebaik-baiknya karena lawan yang akan mereka hadapi adalah juara dunia dua kali dan lolos ke semifinal untuk pertama kali sejak 1970.

Belanda melalui pertarungan keras dan mendebarkan akhirnya lolos ke babak empat besar setelah menyingkirkan favorit juara Brazil dengan skor 2-1, Jumat.

"Seperti halnya kami, Uruguay juga pantas menempatkan diri ke semifinal sehingga tidak ada yang bisa menganggap remeh mereka," kata van Marwijk.

Menghadapi Belanda, Uruguay tidak akan diperkuat Luis Suarez, salah satu andalan mereka yang mendapat kartu merah saat mengalahkan Ghana melalui adu penalti.

Namun sukses Uruguay juga tidak terlepas dari aksi "Tangan Tuhan" Suarez yang dengan sengaja menahan bola dengan kedua tangannya di mulut gawang, sehingga tim Amerika Selatan itu pun terhindar dari kekalahan.

Belanda juga bukan tanpa masalah karena dua pemain mereka, Gregory van Wiel dan Nigel de Jong tidak bisa diturunkan karena akumulasi kartu kuning.

"Saya jelas tidak gembira melihat masalah yang mereka (Uruguay) hadapi karena kami juga punya masalah yang sama," kata Marwijk.

Pada pertandingan perempat-final lainnya, akan berlangsung "big match" antara dua tim raksasa, yaitu Argentina vs Jerman di Cape Town, Sabtu mulai pukul 16.00 (21.00 WIB), serta Spanyol vs Paraguay di Ellis Park, Johannesburg mulai pukul 20.30 (Minggu dinihari). (*)*
(A032/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010