Johannesburg (ANTARA News) - Pitso Mosiname ditunjuk sebagai pelatih baru Afrika Selatan (Afsel) untuk menggantikan Carlos Alberto Parreira.

Mosimane sudah empat tahun menjadi asisten pelatih Afsel. Parreira yang berasal dari Brasil pernah mengantar negeri "Samba" itu menjuarai PD tahun 1994.

Dia pertama kali melatih Afsel tahun 2007, sebelum mengundurkan diri pada tahun 2008. Pada tahun 2009 dia kembali melatih "Bafana Bafana", sebelum akhirnya mengundurkan diri sebagai pelatih pada bulan Juni tahun ini.

"Saya merasa sangat terhormat menduduki jabatan Carlos Alberto Parreira. Saya mengucapkan terima kasih kepada asosiasi sepak bola Afsel dan Parreira atas kepercayaan mereka kepada saya. Dan saya tahu saya orang yang tepat untuk jabatan ini," kata Mosimane dalam konferensi pers pada hari Kamis (15/7), seperti dikutip Reuters.

Tugas pertama yang menanti Mosimane adalah membawa Afsel lolos kualifikasi Piala Afrika tahun 2012. Babak penyisihan akan dimulai bulan September dengan pertandingan kandang melawan Niger.

Pertandingan pertama Mosimane adalah pertandingan persahabatan melawan Ghana di stadion Soccer City, Johannesburg pada 11 Agustus.

Mosimane adalah mantan penyerang Afsel, dia pernah menjadi pelatih sementara Afsel. Dibawah asuhannya Afsel mencatat tiga kali kemenangan, tiga kali seri dan sekali kalah.

Afsel yang untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah PD tersingkir di babak pertama meski mencatat satu kemenangan atas Perancis.

Mereka menelan kekalahan dari Uruguay dan bermain imbang melawan Mexico. Peringkat Afsel menurut daftar FIFA terkini adalah 66, turun 17 peringkat.
(ENY/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010