Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah negara anggota Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) mendukung pengajuan Indroyono Susilo dari Indonesia sebagai calon direktur jenderal organisasi di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa tersebut.

Menteri Pertanian Suswono di Jakarta, Minggu, mengatakan, dukungan tersebut terlihat pada sidang ke-30 Pejabat Tinggi (SOM) FAO Asia and Pacific Regional Conference (APRC) di Korea Selatan 27-29 September 2010.

"Dukungan tersebut terutama dari negara-negara ASEAN seperti Thailand dan Malaysia, juga Timor-Timur," katanya ketika menyampaikan hasil kunjungannya ke Korea Selatan dan China beberapa waktu lalu.

Selama di Korea, Mentan menghadiri kegiatan APRC dan melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Pangan, Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Korea Selatan Yoo Jeong Book. Sedangkan ketika di China ia mengunjungi stan Indonesia dalam pameran World Expo di Shanghai.

Suswono menyatakan, dukungan untuk Indonesia sebagai Dirjen FAO juga datang dari Australia dan negara-negara di kawasan Pasifik lain seperti Fiji, dan Kirbiti.

Meski mereka merupakan negara-negara kecil, menurut Mentan, dukungan tersebut sangat berarti karena tetap memiliki satu suara sehingga Indonesia akan terus mendekati negara-negara kecil lainnya.

"Saat ini masih ada waktu hingga Juni 2011 untuk mencari dukungan suara bagi Indonesia dan pemerintah akan memanfaatkan waktu tersebut sebelum pemilihan pada Juli 2011," katanya.

Salah satu kegiatan yang akan dimanfaatkan pemerintah untuk menggalang dukungan bagi pencalonan Indonesia sebagai ketua FAO yakni pertemuan negara-negara APEC dan AMAF+3 yakni negara-negara ASEAN plus China, India, dan Jepang.

Selain itu juga akan memanfaatkan ajang pertemuan para Menteri Pertanian negara-negara anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) yang akan datang.

Menurut dia, hingga saat ini belum ada kandidat lain dari negara-negara anggota FAO yang mengajukan calon Dirjen organsasi tersebut dan baru Indonesia yang mengajukan Indroyono Susilo yang saat ini menjabat Sekretaris Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat.

Suswono menyatakan, selama ini kedudukan tertinggi yang pernah diraih Indonesia dalam FAO yakni Independent Chairman yang dijabat Syarifuddin Baharsyah, Menteri Pertanian era Presiden Soeharto. (*)

S025/A023

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010