Jakarta (ANTARA News) - Dua pemain asal Belanda Jhonny Rudolf van Beukering dan Tobias Jesajas Waisapy yang menjadi calon pemain tamu bagi tim Indonesia saat melawan Uruguay nanti mulai ikut berlatih bersama Timnas Indonesia di Jakarta, Selasa.

Kehadiran dua pemain tersebut merupakan sosok baru bagi pemain Timnas dan sempat mendapat banyak perhatian dari masyarakat yang menyaksikan latihan di lapangan PSSI di kawasan Gelora Bung Karno Senayan Jakarta.

Meski baru tiba di Jakarta pada Selasa pagi, mereka tampak antusias mengikuti latihan yang dipimpin langsung oleh Alfred Riedl. Bahkan, Van Beukering benar-benar memanfaatkan sesi latihan untuk unjuk kemampuan terbaiknya.

Beberapa kali ia mampu melakukan tendangan keras dan terarah hingga tak bisa diantisipasi oleh kiper Markus Horison, Kurnia Meiga maupun Fauzal yang bergantian mengawal gawang.

Latihan yang sempat dihadiri langsung oleh Ketua Umum PSSI Nurdin Halid dan Ketua Badan Tim Nasional Iman Arif dan sejumlah staf pengurus PSSI ini pun tampak menjadi semarak.

Tobias pun tak mau kalah dengan Beukering. Pemain yang menggantikan posisi De Visscher ini cukup bagus dalam melakukan umpan silang dari sisi kiri karena selama ini Tobias memang bermain sebagai bek sayap kiri di klub Excelsior FC.

Usai latihan, kedua pemain ini menjadi buruan para penggemar sepakbola untuk berfoto bareng. Tak hanya penggemar, pada jurnalis yang meliput latihan pun langsung mewawancarai Van Beukering dan Tobias dalam suasana mulai remang. Kondisi ini sempat membuat Alfred Riedl bergurau kepada wartawan.

"Apakah kalian sudah tidak perlu saya lagi untuk wawancara?" ujar Alfred Riedl yang asal Austria.

Van Beukering sendiri menyatakan rasa senangnya bisa bergabung bersama timnas Indonesia. Walau baru beberapa jam tiba di Indonesia, ia mengaku sangat menyukai atmosfer di sini.

"Ini seperti impian yang jadi kenyataan. Saya sangat serius ingin memperkuat Indonesia di mana kakek saya dulu berasal. Jika tidak serius, buat apa saya jauh-jauh datang ke sini," tegas Van Beukering yang cukup sering meminum air mineral saat latihan berlangsung.(*)
(ANT-132/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010