Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 34 universitas terkenal Taiwan dan enam organisasi pertukaran pendidikan berbasis internasional akan berpartisipasi dalam Pameran Pendidikan Tinggi Taiwan 2010 di tiga provinsi di Indonesia yakni Jakarta, Aceh dan Yogyakarta.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Kamis, pameran akan diadakan di 3 universitas berbeda yakni di Universitas Syiah Kuala (Aceh) 9 Oktober, Universitas Trisakti (Jakarta) 11 Oktober dan Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta) 13 Oktober.

Pameran pendidikan ini dihadiri oleh Menteri Pendidikan Internasional Tony W.T. Lin, beserta kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala akademik, dan staf-staf lainnya yang bertanggung jawab dalam hubungan pendidikan internasional.

Masing-masing universitas akan membuka stan yang bertujuan untuk mengadakan pengenalan dan pemberian informasi secara langsung dengan mahasiswa Indonesia. Di dalam stan, mahasiswa dapat memperoleh informasi mengenai kurikulum, pendaftaran, dan juga beasiswa secara terperinci.

Selain itu, pameran ini juga terdapat 3 seminar penting yang akan dibawa oleh Menteri Pendidikan Taiwan, Higher Education Foundation dan University Entrance Committee for Overseas Chinese Student yang bertema Pendidikan Tinggi di Taiwan.

Standar pendidikan tinggi Taiwan telah menjadi pemimpin di antara negara-negara di Asia Tenggara. Hal ini dibuktikan oleh badan penelitian Institut Informasi Sains (Institute for Scientific Information) yang menunjukkan bahwa, pada 2008 Taiwan menduduki peringkat ke 17 dalam Badan penelitian akademik SCI dan SSCI memperoleh peringkat ke 15.

Dalam bidang Teknik yang tercatat dalam data base Elsevier Engineering Informaiton menunjukkan bahwa Taiwan meperoleh peringkat ke 9. Hasil akademik yang diperoleh tersebut menunjukkan Universitas dan pendidikan tinggi di Taiwan beserta seluruh teknologi yang berada di Taiwan memiliki kesempatan mengembangkan penelitian di bidang teknik yang sangat tinggi.

Beberapa tahun terakhir ini Taiwan juga menjadi negara yang memperoleh standar mahasiswa internasional berkualitas. Jumlah mahasiswa internasional pada 2005 mencapai 11.729 orang dan berkembang menjadi 22.366 orang pada 2009.

Mahasiswa berkualitas Indonesia memperoleh urutan ke 3. Pada 2009 mahasiswa indonesia berjumlah 2.275 orang, di antaranya adalah 1.392 mahasiswa yang mengambil program pendidikan tinggi, 6 mahasiswa pertukaran pelajar dan 877 mahasiswa yang mengambil pendidikan bahasa mandarin.

Untuk informasi mengenai Pameran Pendidikan Tinggi Taiwan 2010 beserta informasi mengenai masing-masing universitas bisa mengunjungi website http://www.esit.org.tw.  (A051/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010