Liga Champions

Istanbul gelar final Liga Champions 2023, Muenchen digeser ke 2025

Istanbul gelar final Liga Champions 2023, Muenchen digeser ke 2025

Logo Liga Champions melekat dalam bola resmi yang digunakan dalam kompetisi sepak bola paling bergengsi antarklub Eropa tersebut.(ANTARA/AFP/Denis Charlet.

Jakarta (ANTARA) - UEFA pada Sabtu dini hari WIB mengumumkan keputusan penunjukan Istanbul sebagai tuan rumah partai final Liga Champions 2022/23, sedangkan Muenchen yang seharusnya kebagian tahun itu digeser ke 2024/25.

Dengan keputusan tersebut, maka Stadion Krestovsky di Saint Petersburg, Rusia, akan tetap menjadi tuan rumah untuk laga final Liga Champions 2021/22, yang dijadwalkan berlangsung pada 28 Mei 2022.

Istanbul sedianya menjadi menggelar final Liga Champions 2019/20, tetapi pandemi COVID-19 memaksa UEFA memindahkan rangkaian sisa babak-babak akhir musim 2019/20 seluruhnya dimainkan terpusat di Portugal dan final digelar di Lisbon.

Baca juga: Presiden UEFA tidak akan lagi dukung Euro digelar pan-kontinental
Baca juga: Juve, Barca dan Madrid dipastikan main di Liga Champions musim depan


Ibu kota Turki itu dan beberapa venue lain yang sudah ditentukan sebelumnya harus menunda hak penyelenggaraan final Liga Champions setahun kemudian.

Namun, pada Juni lalu Istanbul kembali batal jadi tuan rumah final Liga Champions 2020/21 menyusul lonjakan kasus COVID-19 di negaranya Recep Tayyip Erdogan itu dan UEFA memutuskan final kembali dipindahkan ke Portugal, tepatnya di Estadio Dragao Porto.

Keputusan terbaru hasil rapat Komite Eksekutif UEFA yang diumumkan Sabtu dini hari WIB, memastikan Stadion Olimpiade Ataturk Istanbul untuk menggelar final Liga Champions 2022/23.

Sedangkan Stadion Wembley, London, Inggris, akan tetap menggelar final Liga Champions 2023/24 dan Stadion Allianz Arena di Muenchen, Jerman, kebagian final tahun berikutnya.

"Lebih jauh lagi, sepak mula kompetisi klub Eropa yang mencakup pengundian grup Liga Champions, Liga Europa dan Liga Conference akan dilakukan di Istanbul pada akhir Agustus untuk musim 2021/22 dan 2022/23," demikian pernyataan dalam laman resmi UEFA.

Baca juga: Juara Liga Champions buat Jorginho termotivasi sukses bersama Italia
Baca juga: Thomas Tuchel berambisi raih lebih banyak gelar bersama Chelsea


Sejumlah keputusan lain yang diambil adalah penunjukan Stadion Aviva di Dublin, Republik Irlandia, sebagai lokasi final Liga Europa 2023/24.

Sedangkan Stadion San Mames di Bilbao, Spanyol, dipilih jadi lokasi final Liga Europa 2024/25 dan Liga Champions Putri 2023/24.

Keputusan terkait final kompetisi klub Eropa di Dublin dan San Mames berkaitan dengan kompensasi setelah kedua kota itu tercoret dari tuan rumah babak utama Euro 2020 lalu, lantaran situasi terkait COVID-19.

Baca juga: Enam tim besar Liga Inggris akan didenda karena Liga Super Eropa
Baca juga: Unai Emery puji dedikasi pemain Villarreal usai raih trofi Liga Europa

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Hadirnya masjid besar mewah di jantung kota Istanbul

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar