Jakarta (ANTARA News) - Ketua Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jakfar menegaskan bahwa partai itu tetap akan menggelar muktamar pada 2013 mendatang dan belum ada rencana untuk mempercepatnya.

"Jika ada oknum yang menyatakan PKB akan menyelenggarakan muktamar sebelum 2013, muktamar itu tidak sah," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) Marwan Jakfar di Jakarta, Kamis.

Marwan Jakfar menjelaskan, sesuai dengan keputusan Mahkamah Agung dan keputusan Menteri Hukum dan HAM secara jelas menyebutkan, periode kepengurusan DPP PKB dengan Ketua Umum Muhaimin Iskandar pada 2008-2013.

Maka jika ada oknum yang mengatakan PKB akan menyelenggarakan muktamar sebelum 2013, muktamar tersebut tidak sah dan yang mencetuskannya bukanlah pengurus PKB.

Marwan Jakfar mengeluarkan komentar itu menanggapi pernyataan dari beberapa kader PKB seperti Lily Chadijah Wahid, Ikhsan Abdullah, dan Hermawi Taslim, yang mendesak PKB mempercepat pelaksanaan muktamar dalam tahun ini.

Ketua Fraksi PKB DPR RI ini menegaskan, Ikhsan Abdullah, Hermawi Taslim dan lainnya bukan pengurus DPP PKB, sedangkan Lily Wahid saat ini sudah tidak menjabat lagi sebagai Wakil Ketua Dewan Syuro PKB.

"Bukan pengurus PKB kok ingin mengadakan muktamar, `kan lucu. Kalau mereka tetap memaksakan, muktamar itu ilegal," kata Marwan.

Marwan Jakfar menambahkan, saat ini tidak ada lagi dualisme kepemimpinan di PKB.

Kepengurusan PKB, menurut dia, hanya satu setelah DPP PKB memiliki kekuatan tetap melalui putusan Mahkamah Agung dan Keputusan Menteri Hukum dan HAM.

Marwan juga mengingatkan, agar kader PKB tersebut tidak asal berbicara kepada publik karena akan membuat publik menjadi bingung.

Menurut dia, proses islah di PKB juga sudah berjalan dengan baik hingga saat ini.

"Terus terang saya merasa heran, mendengar pernyataan dari kader PKB yang akan mensomasi DPP PKB karena dinilai tidak menjalankan butir-butir islah. Padahal proses islah berjalan dengan baik dan pimpinan DPP PKB sudah menjalani kesepakatan islah itu," katanya.

Marwan mencontohkan, pada saat Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PKB, seluruh kader PKB dari mukmatar di Ancol Jakarta maupun dari mukmatar di Parung Bogor hadir dan suasananya sangat "cair".

"Ini merupakan wujud bahwa islah sudah berjalan baik," katanya.

Sekretaris Fraksi PKB DPR Hanif Dakhiri menyatakan, saat ini PKB sudah menyelesaikan konsolidasi internalnya setelah melakukan islah.

PKB saat ini, kata dia, sudah berkonsentrasi menghadapi Pemilu legislatif 2014 dan menargetkan mendapat 100 kursi di DPR.

"Tidak relevan jika dikatakan islah tidak berjalan. PKB saat ini solid," jelas dia.

Sebelumnya, beberapa kader PKB seperti Lily Chadidjah Wahid, Ikhsan Abdullah, dan Hermawi Taslim menggelar jumpa pers di Gedung DPR RI, di Jakarta, Kamis, dengan menyatakan akan mendesak Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar untuk segera menyelenggarakan muktamar pada 2010.

Beberapa kader PKB tersebut menyatakan, memberikan gambaran agar muktamar tersebut diselenggarakan pada Desember 2010 dengan alasan agar persiapan menghadapi Pemilu 2014 menjadi lebih matang.

(R024/S023/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010