Sleman (ANTARA News) - Ribuan siswa dari sekitar 30 sekolah dasar yang ada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyemarakkan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia yang berlangsung di Lapangan Denggung, Sleman, Jumat.

Kegiatan yang dipandu artis Ibu Kota Dik Doang ini, selain ditandai dengan cuci tangan pakai sabun secara serentak, juga diisi dengan pelantikan kader kesehatan dari para siswa sekolah dasar (SD).

Public Health Education Program Manager Yayasan Unilever Indonesia Leo Indarwahono mengatakan, kegiatan ini untuk membudayakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) pada anak-anak dan keluarga.

Menurut dia, sejak pertama kali PBB meluncurkan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia pada 15 Oktober 2008, Lifebuoy yang merupakan produk dari Unilever telah turut merayakan di Indonesia dengan melakukan pendidikan dan sosialisasi mengenai pentingnya CTPS.

Ia mengatakan, pendidikan dan sosialisasi CTPS ini sangat perlu dilakukan semua pihak, karena masyarakat Indonesia penting memiliki budaya CTPS. Kegiatan ini akan berdampak bagi anak-anak, keluarga dan bangsa Indonesia.

Leo mengemukakan, semakin luasnya budaya CTPS akan memberikan kontribusi signifikan untuk mengurangi angka kejadian diare, sehingga turut mengurangi tingkat kematian anak-anak.
(V001/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010