Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pekerjaan Umum memilih seorang pelajar SMP Islam Al-Azhar Kota Serang, Provinsi Banten, Rayyan Raima Zurriyyatina menjadi Duta Sanitasi Nasional tahun 2010 setelah mengikuti Jambore Sanitasi Nasional di Bogor.

Jambore Sanitasi Nasional itu diselenggarakan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum baru-baru ini bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata serta Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu atau Sikib, demikian keterangan pers Ditjen Cipta Karya di Jakarta, Jumat.

Jambore Sanitasi Nasional diselenggarakan untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat terutama kaum muda seperti pelajar tentang arti pentingnya sanitasi bagi kesehatan masyarakat misalnya tentang pencemaran lingkungan.

Anak-anak biasanya memiliki semangat tinggi dalam menyerap pengetahuan dan ide-ide yang baru. Mereka dapat menjadi contoh dan sekaligus memberi pengaruh kepada keluarga, teman dan lingkungannya.

Anak-anak peserta Jambore Sanitasi ini diharapkan dapat menyampaikan pesan sanitasi kepada masyarakat serta menjadi generasi penerus yang peduli sanitasi, kata siaran pers itu.

Jambore Sanitasi ini terdiri atas kegiatan pelatihan mengenai sanitasi dan air , penanganan dan pengolahan sampah, kunjungan ke lokasi-lokasi percontohan sanitasi, yang puncaknya adalah pemilihan Duta Sanitasi Nasional 2010.

Jambore Sanitasi Nasional diikuti 128 muda dan mudi dari 32 provinsi.Acara ini dibuka Menter PU Djoko Kirmanto serta dirjen Cipta Karya Budi Yuwono.
(CS/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010