Ambon (ANTARA News) - Wali Kota Ambon, Jopi Papilaja, merencanakan menjenguk Wilson "Idol" yang terlibat dugaan kasus pelecehan seksual, sehingga terpaksa ditahan Kepolisian Resort Jakarta Utara (Polres Jakut) pada Senin (11/10) dinihari.

"Saya saat kegiatan dinas ke Jakarta berusaha meluangkan waktu untuk menjenguk runner up Indonesian Idol 2007 Wilson Simon Maiseka untuk memberikan dorongan moril kepadanya dalam menghadapi proses hukum," kata Wali Kota Jopi Papilaja, di Ambon, Jumat.

Ia memandang perlu menjenguk Wilson karena yang bersangkutan ikut mengantarkan penyanyi masuk grand finalis Indonesia Idol 2007.

"Saya bertekad agar nama Maluku, terutama kota Ambon dikenal sebagai gudang penyanyi itulah sehingga mendorong Wilson harus mengukir prestasi terbaik di Indonesian Idol dengan hasil meraih runner up," ujar Jopi Papilaja.

Papilaja tetap menjunjung asas praduga tidak bersalah dalam kasus Wilson yang sebenarnya sering kali sudah dinasihati agar mewaspadai kehidupan artis dengan berbagai kemungkinan jebakan.

"Saya menyerahkan sepenuhnya persoalan Wilson ke proses hukum dengan harapan tidak ada kepentingan lain di balik dugaan kasus tersebut," tegas Wali Kota Jopi Papilaja.

Papilaja mengaku saat diberitahu oleh salah seorang kru RCTI soal kasus yang menimpa Wilson, berusaha menghubunginya nomor telepon seluler biasanya berkomunikasi tapi ternyata tidak aktif.

"Jadi sungguh sedih karena di saat Wilson sedang digemari pencintanya, ternyata harus tertimpa kasus dugaan pelecehan seksual dan mudah -mudahan tidak ada ada unsur lain di balik masalah tersebut," katanya.

Papilaja mengharapkan, kasus menimpa Wilson menjadi pelajaran bagi penyanyi lainnya, termasuk Igo Pentury yang menjuarai Indonesian Idol 2010.

"Saya harapkan Igo senantiasa mengingat apa yang dipesan saat pamitan ke Jakarta setelah ke Ambon mensyukuri prestasi terbaik diraihnya saat Indonesiaan Idol 2010," katanya.

Ketua Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Penataan Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) Maluku, Buce Tomaluweng, menyesalkan kasus yang menimpa Wilson.

"Saya jujur sedih karena Wilson merupakan salah seorang aset penyanyi asal Maluku yang diandalkan untuk mengangkat pamor daerah ini dari bidang tarik suara," ujarnya.

Buce memandang perlu berkoordinasi dengan PAPPRI pusat untuk mengecek perkembangan kasusnya dan upaya pendampingan terhadap bersangkutan.

"Saya akan berkoordinasi dengan PAPPRI pusat agar dalam kapasitas sebagai oraganisasi bisa mendampingi Wilson dengan tetap mematuhi mekanisme hukum," katanya.

Jebolan Indonesian Idol 2007 itu kini mendekam di tahanan Polres Jakarta Utara untuk menjalani pemeriksaan terkait dugaan pencabulan terhadap Ag, seorang mahasiswi berusia 19 tahun.

Peristiwa dugaan pelecehan seksual itu berlangsung di Hotel Bisnis Ekskutif di Jalan RE Martadinata, Ancol, Jakarta Utara. Peristiwa yang menimpa runner up Indonesian Idol musim keempat itu terjadi Senin(11/10) dinihari, sekitar pukul 02.00 WIB.
(T.L005/I006/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010