Jakarta (ANTARA) - Tim bisbol yang bermarkas di kota Cleveland pada Jumat resmi berganti nama menjadi Guardians sebagai kelanjutan langkah mereka menanggalkan nama Indians sejak Desember 2020.

Keputusan itu diumumkan melalui sebuah video berdurasi 2 menit 11 detik yang diunggah lewat akun Twitter resmi tim, @Indians.

Video itu juga memamerkan logo baru Guardians berupa dua huruf G bersematkan sayap mengapit sebuah bola bisbol yang tetap menggunakan warna merah dan biru yang selama ini lekat dengan tim tersebut.

"Kami bersemangat menyongsong era berikutnya dalam sejarah panjang bisbol di Cleveland," kata pemilik sekaligus ketua tim Paul Dolan dalam keterangan pada laman resmi MLB.

"Cleveland telah dan akan selalu jadi bagian terpenting dari identitas kami. Oleh karena itu, kami menginginkan nama yang sangat mewakili kebanggaan ketahanan dan loyalitas Clevelanders," kata Dolan.

Nama Cleveland Guardians rencananya mulai dipakai ketika MLB musim 2022 bergulir.

Semenjak mengumumkan rencana penanggalan nama Indians yang rasial dan dianggap ofensif terhadap suku pribumi Amerika medio Desember 2020, tim ini telah menyortir sedikitnya 1.200 opsi nama baru.

Baca juga: Atlet-atlet dunia turut perjuangkan kesetaraan di arena olahraga

Salah satu opsi yang sempat muncul adalah Spiders yang merupakan nama lama yang sempat dipakai sebelum era MLB pada 1887-1899.

Pada akhirnya nama Guardians dipakai menggantikan Indians yang sudah dikenakan sejak 1915.

Nama Guardians merujuk monumen ikonik Guardians of Traffic di Jembatan Hope Memorial yang tidak jauh dari lapangan markas tim di Cleveland.

"Guardians mencerminkan berbagai atribut yang mendefinisikan tim ini sekaligus merujuk pada monumen ikonik Guardians of Traffic tidak jauh dari lapangan di Jembatan Hope Memorial," kata Dolan.

"Ini akan menghidupkan kebanggaan Clevelanders terhadap kota ini dan cara kami berjuang bersama bagi mereka yang memilih menjadi keluarga bisbol Cleveland."

"Sementara 'Indians' akan selalu menjadi bagian dari sejarah kami, nama baru akan membantu menyatukan penggemar dengan kota ini, sebab kita semua adalah penjaga (guardians) Cleveland," tutupnya.

Penanggalan nama Indians oleh tim bisbol Cleveland juga menyusul langkah serupa yang ditempuh tim NFL Washington yang tak lagi menggunakan nama Redskins dan logonya yang berbau rasial terhadap suku pribumi Amerika.

Baca juga: Pembawa bendera kirim pesan kesetaraan dan lawan rasisme di pembukaan
 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021