Jakarta (ANTARA) - RSIA dan RSU Bunda yang merupakan unit usaha dari PT Bundamedik Tbk (BMHS) melakukan berbagai inovasi dan adaptasi pelayanan seperti menghadirkan layanan baru yaitu Poliklinik Drive Thru yang khusus diperuntukkan bagi anak.

Berbeda dengan layanan drive thru lainnya, layanan ini hanya melayani program imunisasi pada bayi dan anak dengan pemeriksaan ringan non penyakit.

"Poliklinik Drive Thru kami hadirkan khusus untuk membantu orang tua yang memiliki bayi atau anak balita yang harus melaksanakan program imunisasi," ujar Managing Director BMHS (Bundamedik Healthcare System) Nurhadi Yudiyantho SE AKT dalam keterangannya diterima ANTARA Minggu.

Baca juga: Pakar sebut ada tiga masalah kesehatan pada anak saat pandemi COVID-19

Nurhadi menambahkan dengan adanya Poliklinik Drive Thru khusus anak tentunya sangat membantu mengurangi kecemasan para orang tua.

"Terbukti sejak kami luncurkan di awal Juli 2021 hingga saat ini, lebih dari 30 pasien telah memanfaatkan layanan tersebut. Oleh karena itu kami yakin kehadiran Poliklinik Drive Thru khusus anak mampu menjawab kebutuhan dan memberikan rasa aman kepada orang tua khususnya para ibu yang ingin melaksanakan program imunisasi sang buah hati, sehingga kini tak perlu lagi menunda jadwal imunisasi," kata dia.

Lebih lanjut Nurhadi mengatakan Poliklinik Drive Thru khusus anak kini telah tersedia di semua RSU dan RSIA Bunda dan diharapkan mampu menjadi yang terdepan di Indonesia. Selain itu, guna memastikan pelayanan prima dan mengedepankan keselamatan pasien, seluruh RSIA & RSU Bunda dikatakan Nurhadi telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga terciptanya Green zone yaitu area dengan resiko penyebaran virus rendah di setiap unit pelayanannya.

Baca juga: Pentingnya orang tua ajak anak kenali dan kelola emosi bersama

Selain Poliklinik Drive Thru khusus anak, RSIA & RSU Bunda telah menyiapkan berbagai inovasi dan adaptasi menuju transformasi digital seperti salah satunya Telemedicine atau telekonsultasi, sebagai strategi menghadapi setiap tantangan di masa pandemi COVID-19 saat diterapkannya PPKM.

Telemedicine dihadirkan dengan tujuan agar pasien dapat tetap berkonsultasi dengan dokter tanpa harus datang ke rumah sakit. Caranya sangat mudah, pasien hanya perlu membuat janji konsultasi melalui nomor hotline 1-500-799, paling lambat satu hari sebelum waktu janji. Setelah mendapat jadwal konsultasi, pasien dapat berkonsultasi dengan dokter yang dipilih secara virtual. Di akhir konsultasi, pasien akan mendapat resep obat, keterangan hasil konsultasi dan cara minum obat secara detail serta layanan pengantaran obat.

Selain konsultasi dokter dan pembelian obat, pelayanan laboratorium dengan metode home service dari laboratorium Diagnos juga dapat diakses melalui layanan Telemedicine. Kedepannya, RSIA & RSU Bunda akan menggandeng berbagai pihak guna memberikan berbagai kemudahan dan pelayanan prima kepada seluruh konsumen.

Baca juga: Konsultasi klinik spesialis anak meningkat selama pandemi COVID-19

Baca juga: Mengenal gejala stres pada anak

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021