yaitu sisi kerendahhatian, layanan, dan kejujuran
Jakarta (ANTARA) - Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said mengatakan solidaritas sosial yang ditunjukkan masyarakat Indonesia dalam penanganan COVID-19 harus dikuatkan dengan kepemimpinan intrinsik.

“Solidaritas sosial warga perlu dikuatkan dengan kepemimpinan bangsa yang mengedepankan sisi intrinsik, yaitu sisi kerendahhatian, layanan, dan kejujuran. Hasil dari kepemimpinan dengan sisi intrinsik adalah penghormatan dan kerelaan untuk bergerak bersama,” ujar Sudirman di Jakarta, Senin.

Dia menambahkan para pemimpin formal dan informal baik sektor publik dan swasta serta masyarakat masyarakat sipil harus berlomba-lomba menimbulkan keluhuran budi, kejujuran, kepedulian pada sesama dan keikhlasan untuk membangun kesediaan berkorban untuk tumbuh bersama.

Sejumlah elemen masyarakat bahu-membahu dalam mengatasi pandemi COVID-19, misalnya, organisasi Karang Taruna di Bali yang mengedukasi kepada masyarakat tentang penggunaan masker dan pentingnya vaksinasi.

Ia juga mencontohkan, apa yang dilakukan BTS ARMY Indonesia yang membantu makanan untuk ojek daring yang sedang isolasi mandiri serta membantu perempuan korban kekerasan yang angkanya meningkat sejak pandemi COVID-19.

Ia juga mengapresiasi, kegiatan Good News from Indonesia yang membantu dengan mengabarkan inisiatif solidaritas sosial warga di berbagai daerah yang pada akhirnya dapat menginspirasi dan dapat ditiru oleh masyarakat di daerah yang membutuhkan.

Baca juga: PMI bangun selter isolasi berbasis komunitas untuk DKI Jakarta
Baca juga: Guru Besar UGM dan Sekjen PMI pimpin Forum Solidaritas Kemanusiaan


Dia menambahkan ada dua sisi dari kepemimpinan yang diperlukan dalam menghadapi krisis yakni sisi depan dan sisi belakang. Sudirman Said yang merupakan tokoh kemanusiaan itu, menambahkan hasil dari sisi depan adalah ketaatan. Bila sisi itu tidak dikelola dengan baik maka hasil yang muncul adalah ketakutan bukan ketaatan.Sementara sisi lainnya yakni sisi belakang adalah sisi yang lembut atau intrinsik.

“Sisi intrinsik ini yakni kerendahhatian, pelayanan, integritas, kejujuran, kemanusiaan, ketulusan inisiatif sampai pada keikhlasan. Selanjutnya, produk atau hasil dari sisi itu adalah saling menghormati dan keinginan untuk bergerak bersama,” jelas Sudirman.

Sudirman juga menambahkan saat ini, PMI sedang menghimpun tenda-tenda untuk shelter darurat bagi masyarakat yang berada di perkampungan padat dan dalam waktu dua hari terhimpun 250 tenda lengkap beserta isinya.

Untuk itu, dia mendorong para pemimpin untuk berlomba-lomba menimbulkan keluhuran budi, kejujuran, kepedulian pada sesama dan keikhlasan. Dengan demikian akan terbangun kesediaan berkorban untuk tumbuh bersama.

Baca juga: KAHMI dan Brainy salurkan logistik ke WNI terdampak 'lockdown'
Baca juga: PMI Jateng dukung ketersediaan oksigen untuk rumah sakit di Solo
Baca juga: Sinarmas MSIG Life, PMI berikan vaksinasi untuk 10 ribu masyarakat


Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021