Kelompok Tani Fatmawati panen sayuran hasil pertanian perkotaan

Kelompok Tani Fatmawati panen sayuran hasil pertanian perkotaan

Kelompok Tani Fatmawati di RW 01 Cakung Timur, Cakung, Jakarta Timur, panen raya sayur mayur seberat total 25 kilogram dari hasil pertanian perkotaan. ANTARA/HO-Sudin KPKP Jakarta Timur

Jakarta (ANTARA) - Kelompok Tani Fatmawati di RW 01 Cakung Timur, Cakung, Jakarta Timur, panen sayur-mayur sebanyak 25 kilogram (kg) dari hasil budidaya pertanian perkotaan.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan Jakarta Timur, Yuli Absari mengatakan, sayur-mayur yang ditanam terdiri atas 15 kilogram kangkung dan 10 kilogram sawi.

"Alhamdulillah kita panen raya tanggal 23 Juli 2021 lalu," kata Yuli Absari di Jakarta, Senin.

Yuli menambahkan hasil panen raya sayur mayur tersebut dijual kepada sejumlah kelompok tani dan warga sekitar yang hasilnya digunakan kembali untuk perawatan tanaman.
"Hasilnya diputar lagi untuk beli bibit, nutrisi dan sebagainya," ujar Yuli.

Yuli mengatakan, panen sayuran tersebut dilakukan dengan memanfaatkan lahan terbatas di permukiman setempat, yang juga dapat menghijaukan lingkungan.

Yuli juga berharap dengan adanya panen di masa pandemi ini dapat berguna dan nantinya bisa mendongkrak roda ekonomi warga.

Sejumlah lokasi di Jakarta Timur tetermasuk di kolong Tol Becakayu telah dibuat kebun sayuran. Kebun itu digarap melalui kerja sama Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Ketua RW, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan warga.

Kebun-kebun tersebut ditanami beragam jenis tanaman seperti kol, cabe, timun suri, kacang panjang, singkong, jagung, cabe merah, cabe hijau, cabe rawit, kangkung, terong dan lainnya.
Baca juga: "Urban farming" tak sekedar manfaatkan lahan kosong
Baca juga: Jaktim ubah parkiran liar kolong Tol Becakayu jadi ruang publik

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar