Jakarta (ANTARA) - Penyanyi muda Jakarta Jinan Laetitia merefleksikan perjalanan dirinya dalam single baru "Forgive", single keenam dari penyanyi 18 tahun yang selama ini bergerak secara independen sebelum bergabung dengan Warner Music Indonesia.

“Lagu ini merupakan monolog tentang self-image, kegelisahan, dan kepercayaan diri," kata Jinan dalam siaran resmi, menambahkan bahwa “Forgive” merefleksikan jujur pada diri sendiri dapat membantu seseorang menerima serta membangun diri yang lebih baik.

Dia menambahkan, "Forgive" adalah lagu yang sangat personal karena proses penulisan hingga produksi dilakukan olehnya.

“Saya ingat (saat) menulis bait pertama, ‘Only love what you do when you do it well’, dengan salah satu instrumental track di laptop setelah sesi melamun yang cukup lama, lalu sisa lagu ‘Forgive’ pun mengalir keluar dari ubun-ubun.”

Jinan lantas menggambarkan bahwa pada momen ini seperti ada tombol yang tak sengaja tertekan dan semua emosi pun meluap.

Terkait proses rekaman, “Forgive” menjadi single perdana bagi Jinan di mana dia mendapatkan pengalaman baru.

“Rekaman vokal ‘Forgive’ adalah pengalaman pertama kalinya berkarya di studio profesional, karena sebelumnya saya melakukan semua proses produksi di antara empat dinding kamar saya,” Jinan menjelaskan.

Dia mengakui bahwa dia merasa gugup untuk bisa melakukan hal tersebut, “Namun saya bahagia melihat musik yang saya tulis dapat tumbuh begitu cepat.”

“Saya menulis aransemen ‘Forgive’ dengan niat bercerita. Saya harap pendengar dapat menikmati atmosfer yang saya bangun dalam melodi-melodinya, berjalan di cerita yang dilantunkan dalam ‘Forgive’, serta merasakan semua emosi yang diberikannya,” jelas Jinan.

“Forgive” sendiri akhirnya menjadi karya musik pop yang quirky, eksentrik, tapi tetap easy listening.

Konsep estetika “Forgive” sebagai musik diterjemahkan dalam bentuk visual oleh Stevina Peni. Video musik untuk “Forgive” menggambarkan Jinan berada di dalam ruang kosong yang disimbolkan usang, gelap, namun lewat ekspresi dan kostum vintage yang artsy pada karakter Jinan di video, vibes yang diantarkan ke penonton menjadi indah dalam gaya yang unik.

Stevina Peni adalah sutradara independen yang dikenal lewat karya-karya berkonsep dreamy dan unik. Sebelumnya, Stevina menyutradarai video untuk artis-artis seperti KIM!, serta Mirriam Eka dan Elvan Saragih.

Baca juga: Tencent Music & Warner Music buat label rekaman di China

Baca juga: HONNE bawakan lagu-lagu baru, obati kerinduan fans Indonesia

Baca juga: Saykoji akan rilis ulang lagu "Online" bareng album baru

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021