kami berkolaborasi dengan artis yang populer dan tahu cara menyampaikan pesan
Jakarta (ANTARA) - AKMU, duo musik kakak beradik asal Korea Selatan kembali menyapa penggemar melalui album baru "Next Episode" yang menampilkan banyak kolaborasi bersama penyanyi papan atas, misalnya Lee Sun Hee dan IU.

AKMU mengatakan ingin memperluas spektrum karya mereka dengan berbagai warna vokal yang berbeda, serta membuka jalan untuk mendapatkan pendengar baru melalui banyak kolaborasi yang mereka jalankan pada album yang dirilis pada 26 Juli itu. "Next Episode" adalah album penuh pertama AKMU sejak "Sailing" pada 2019.

Dikutip dari Yonhap, Selasa, AKMU dalam album itu memutuskan untuk bergeser dari gaya khas mereka dan menjelajah musik baru melalui kolaborasi dengan artis papan atas di kancah musik Korea Selatan, mulai dari Lee Sun Hee, IU, Crush, dan Sam Kim.

AKMU berkolaborasi dengan Lee Sun Hee dalam lagu "Hey Kid, Close Your Eyes" dengan judul Korea yang berarti "Warfield". Sedangkan bersama IU, AKMU berkolaborasi dalam lagu utama berjudul "Nakka" yang diterjemahkan menjadi "Freefall" dalam bahasa Inggris.

"Sebelumnya kami tidak memiliki kolaborasi. Jadi menyenangkan sekali saat menulis lagu sambil membayangkan warna vokal mereka yang berbeda," ujar Lee Chan Hyuk AKMU.

Baca juga: Duo AKMU perpanjang kontrak dengan YG

Meski mencoba menjelajah musik baru dengan berkolaborasi dengan penyanyi lain, AKMU tidak benar-benar keluar dari gaya uniknya. Bahkan, kakak beradik itu mengatakan bahwa akar album tersebut berasal dari lagu "Dinosaur" dalam album "Summer Episode" dan "Freedom" dalam album "Sailing".

Sementara itu, Lee Su Hyun mengatakan, berkolaborasi dengan banyak penyanyi papan atas merupakan batu loncatan bagi AKMU agar lebih dekat dengan banyak orang.

"Kami merasa jika kami berkolaborasi dengan artis yang populer dan tahu cara menyampaikan pesan, kami dapat mendekati lebih banyak orang. IU dengan senang hati menerima saran tersebut dan dimulailah album kolaborasi," tuturnya.

Ke depannya, duo bersaudara ini mengatakan ingin menjadi band yang bisa menceritakan kisah mereka melalui musik dengan cara yang tidak dipaksakan.

"Dulu saya memiliki ambisi besar untuk mengubah dunia melalui musik. Saya menyadari bahwa hal-hal yang berbeda membentuk dunia dan itulah yang membuat dunia menjadi indah," kata Lee Chan Hyuk.

"Saya berharap album kami dapat menjadi album bagi mereka yang mau menerima pesan dan perubahan kami," lanjutnya.

Lee Su Hyun menambahkan, "Kami akan terus bernyanyi, terserah pendengar untuk menerimanya dan mendengarkannya. Daripada memberi tahu orang-orang bagaimana mereka harus hidup, saya berharap cerita kami dapat menawarkan kenyamanan."

Baca juga: AKMU rilis album kolaborasi dengan musisi ternama Korea

Baca juga: AKMU umumkan "comeback" album kolaborasi baru lewat klip sinematik

Baca juga: "Fish in the Water" Chan-hyuk AMKU tersedia di Indonesia

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021