Olimpiade

Gregoria lolos ke babak 16 besar Olimpiade Tokyo

Gregoria lolos ke babak 16 besar Olimpiade Tokyo

Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung mengembalikan kok ke arah tunggal putri Belgia Lianne Tan dalam penyisihan Grup M Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Rabu (28/7/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

Jakarta (ANTARA) - Tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung lolos ke babak 16 besar Olimpiade Tokyo 2020 setelah menundukkan pemain Belgia Lianne Tan pada laga penyisihan kedua Grup M, Rabu.

Dalam laga penyisihan terakhir grup itu, Gregoria menang straight gim 21-11, 21-17.

Mengutip laman BWF, laga tersebut juga merupakan pertemuan pertama antara Gregoria dengan Lianne. Mereka berdua sama sekali belum pernah bertemu dalam turnamen mana pun.

Secara head to head, Gregoria memang lebih diunggulkan karena saat ini dia menempati peringkat 20 dunia, sementara Lianne berada pada urutan ke-42.

Bertanding di Lapangan 2 Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, penampilan Gregoria cukup baik pada gim pertama. Dia mampu memberikan perlawanan yang menyulitkan lawannya.

Meski Lianne mencuri poin-poin awal, tetapi itu tak berlangsung lama karena Gregoria mengunggulinya setelah kedudukan imbang 6-6.

Kondisi pun berbalik. Kini giliran Gregoria yang mendominasi permainan. Dengan sigap, dia terus menggempur pertahanan lawannya dan mengumpulkan poin hingga unggul 21-11.

Baca juga: Timnas bulu tangkis buat sejarah menangi semua laga pembuka Olimpiade

Di gim kedua, Gregoria masih terus memberikan perlawanan. Kali ini, atlet berusia 21 itu semakin percaya diri. Walaupun Lianne mengubah pola mainnya, Gregoria bisa membacanya dengan baik dan dia bisa menemukan celah untuk mengumpulkan angka.

Lewat pukulan-pukulan keras dan arah bola yang tidak terprediksi, Gregoria mampu menembus pertahanan lawan dan memimpin hingga 17-10.

Lianne mencoba mengejar, namun Gregoria lebih cepat mengamankan poin-poin akhir sehingga menutup laga tersebut dengan keunggulan 21-17 dalam waktu 42 menit.

Hasil tersebut sekaligus menyempurnakan kemenangan Gregoria pada fase penyisihan Grup M Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, dia juga memetik kemenangan atas pemain Myanmar Thet Htar Thuzar 21-11, 21-8 pada Minggu (25/7).

Selain Gregoria, masih ada tiga wakil Indonesia yang akan berlaga pada Rabu, yakni ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti melawan unggulan pertama asal China Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong pada pukul 08.20 WIB.

Kemudian dilanjutkan dengan laga tunggal putra Grup J Anthony Sinisuka Ginting menghadapi Sergey Sirant dari Tim Pengungsi Olimpiade pukul 16.00 WIB.

Lalu ditutup dengan penampilan tunggal putra Grup G Jonatan Christie yang akan menantang pemain Singapura Loh Kean Yew pukul 17.20 WIB.

Baca juga: Gregoria akui tegang saat mainkan laga pertamanya di Olimpiade Tokyo

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar