Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bulu tangkis Indonesia mencatatkan sejarah baru dengan sukses memenangi seluruh pertandingan pembuka di tiap sektor pada ajang Olimpiade untuk pertama kalinya.

Rekor itu dipastikan setelah dua kemenangan didapat dari tunggal putri dan tunggal putra di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Minggu, dengan sebelumnya mendapat lima kemenangan dari dua ganda putra dan masing-masing satu ganda putri, ganda campuran, dan tunggal putra.

Pada hari pertama pertandingan, Sabtu, ganda campuran Greysia Polii/Apriyani Rahayu membuka kemenangan perdana bagi timnas bulu tangkis Indonesia dengan mengalahkan Mei Kuan Chow/Meng Yean Lee dengan 21-14, 21-17.

Kemenangan itu sekaligus menambah skor pertemuan dengan ganda putri Malaysia menjadi 3-2.

Dari sektor tunggal putra, Jonatan Christie menjadi yang pertama tampil dan memetik kemenangan mudah dari Aram Mahmoud, seorang pebulu tangkis Suriah yang tergabung dalam Tim Pengungsi Olimpiade (ROT).

Baca juga: Greysia/Apriyani petik kemenangan pada laga pembuka Olimpiade Tokyo
Baca juga: Jonatan menang mudah di laga pertama bulu tangkis Tokyo 2020


Berlanjut ke ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juga mengemas kemenangan pertama di babak penyisihan Grup C kontra Simon Leung/Gronya Somerville dari Australia.

Ganda campuran peringkat empat dunia itu sempat kewalahan meladeni Simon/Gronya, dan terpaksa menjalani rubber-game sepanjang 55 menit.

Dua wakil terakhir yang tampil di hari Sabtu ialah ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Kevin/Marcus unggul atas ganda putra Inggris Ben Lane/Sean Vendy di Grup A, sedangkan Hendra/Ahsan menundukkan Jason Ho-Shue/Nyl Yakura dari Kanada.

Baca juga: Praveen/Melati catat kemenangan pertama penyisihan Grup C Olimpiade
Baca juga: Minions mainkan laga ketat kontra Ben/Sean di Grup A ganda putra


Berlanjut di hari Minggu yang merupakan hari kedua pertandingan bulu tangkis Olimpiade Tokyo, kemenangan pembuka diciptakan Gregoria Mariska Tunjung yang menjadi wakil Indonesia satu-satunya di sektor tunggal putri.

Pebulu tangkis asal Wonogiri, Jawa tengah itu mengalahkan pebulu tangkis Myanmar Thuzar Thet Htar dalam pertemuan perdana mereka di zona kompetisi.

Terakhir ialah Anthony Sinisuka Ginting yang tampil mengesankan dan melengkapi kemenangan di sektor tunggal putra Indonesia.

Ginting menang mudah atas pebulu tangkis Hungaria yaitu Gergely Krausz yang juga baru kali pertama bertemu. Ia hanya butuh 32 menit untuk mengukuhkan kemenangan dua gim langsung 21-13, 21-8.

Baca juga: Gregoria Mariska lewati tantangan pertama di Olimpiade Tokyo
Baca juga: Ginting amankan kemenangan pertama di penyisihan Grup J Olimpiade
Baca juga: Eko Yuli Irawan sumbang perak untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo




 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021