Jakarta (ANTARA) - Ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu memetik kemenangan pada laga pembuka Olimpiade Tokyo 2020 dengan menaklukkan pasangan Malaysia Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean.

Pada laga penyisihan pertama Grup A yang digelar di Lapangan 2 Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang pada Sabtu, Greysia/Apriyani menang straight gim atas Kuan/Yean dengan skor 21-14, 21-17 dalam waktu 45 menit, seperti dikutip dari laman resmi BWF.

Dalam pertandingan tersebut, Greysia/Apriyani tampil agresif, penuh semangat dan banyak menyerang.

Baca juga: Greysia tegang meski sudah tiga kali ikuti Olimpiade

Jika dilihat dari segi peringkat, Greysia/Apriyani memang jauh lebih diunggulkan karena berada di peringkat keenam dunia, sedangkan Kuan/Yean bertengger di urutan ke-11.

Performa Greysia/Apriyani yang lincah itu pun tidak dapat diimbangi lawannya. Perlahan tapi pasti, Greysia/Apriyani terus menggempur Chow/Lee hingga akhirnya memenangi pertandingan.

Meski gagal mencuri start pada gim pertama, Greysia/Apriyani terus menempel lawannya. Chow/Lee dengan cepat merebut poin-poin pembuka dan terus memimpin, bahkan memperlebar jarak 7-3 dengan Greysia/Apriyani.

Akan tetapi, tim Merah Putih tak ingin menyerah begitu saja. Dengan penuh semangat, perlahan mereka mengejar dan memperkecil jarak hingga akhirnya mampu mengimbangi 10-10.

Kedudukan mereka kembali imbang 12-12. Namun selepas itu Greysia/Apriyani terus melesat, meninggalkan Chow/Lee dan merebut gim pertama dengan skor 21-14.

Keadaan berubah pada gim kedua. Pertandingan berjalan begitu ketat. Greysia/Apriyani yang kali ini mampu mencuri start, terus ditempel oleh Chow/Lee, sehingga kedua pasangan bergantian memimpin permainan.

Keduanya sama-sama kuat dan saling mendominasi satu sama lain. Namun sekali lagi Greysia/Apriyani membuktikan keunggulannya. Setelah kedudukan imbang 13-13, mereka bisa mengecoh lawannya dengan pukulan dan arah bola yang sulit ditebak.

Baca juga: Greysia/Apriyani tak mau ulangi kekalahan dari Chow/Lee

Alhasil, pasangan asal negeri jiran itu terus kehilangan angka dan Greysia/Apriyani kembali unggul dengan skor penututp 21-17.

Unggul atas Chow/Lee, Greysia/Apriyani masih menyisakan dua laga penyisihan di Grup A, yaitu melawan Chloe Birch/Lauren Smith asal Inggris pada Senin (26/7) dan kemudian menghadapi wakil tuan rumah Yuki Fukushima/Sayaka Hirota pada Selasa (27/7).

Selain Greysia/Apriyani, masih ada empat wakil bulu tangkis Indonesia yang akan memainkan laga perdana Olimpiade Tokyo 2020 pada Sabtu, yakni tunggal putra Grup G Jonatan Christie yang akan berhadapan dengan Aram Mahmoud yang merupakan wakil dari Tim Pengungsi Olimpiade IOC pada pukul 09.00 WIB.

Lalu ganda campuran Grup C Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menantang pasangan Australia Simon Wing Hang Leung/Gronya Sommerville pukul 09.40 WIB.

Selanjutnya, ganda putra Grup A Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon kontra wakil Inggris Ben Lane/Sean Vendy pada pukul 10.20 WIB.

Terakhir, ganda putra Grup D Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan melawan Jason Anthony Ho-Shue/Nyl Yakura asal Kanada pada pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Eng Hian minta Greysia/Apriyani tidak lengah di fase A grup
Baca juga: Profil atlet Olimpiade: ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu


Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021