Jakarta (ANTARA News) - Ikhsan Brilianto, Andreas Diga, dan Ahmed Reza dari SMAN I Yogyakarta memenangi Lomba National Young Inventor Awards (NYIA) Ke-3 2010 yang digelar oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di kantor LIPI Jakarta, Kamis.

Karya yang mereka usung adalah Plasmurator (Plasma-Generator) sebagai Peminimalisasi Emisi Kendaraan Bermotor yang Efektif dan Efisien, kata Ketua Tim Dewan Juri NYIA 2010 Dr. Subiyatno.

Sedangkan juara kedua Eddy Yuristo, Reijefki Irlastua, dan Priyanka dari SMA Plus Negeri 17 Palembang, Sumatera Selatan dengan judul karya Rotating Sprayer Herbicle, Inovasi Solusi Problematika Perkebunan Rakyat.

Sementara itu juara ketiga Erlinda Nurul Kusuma, Maria Fransisca Simbolon, Delphine Yustica Ratnasari dari SMA Negeri 6 Yogyakarta dengan judul karya Potlangpuk dan Pengpuk Cara Baru Pemberian Pupuk Organik Praktis Higienis.

Ketiga Pemenang ini akan diikutsertakan ke International Exibition for Young Inventors (IEYI) Ke-7 di Vietnam pada 16-18 Desember 2010,

Selain ketiga pemenang ini, dua pemenang lainnya juga akan dibawa ke IEYI ke-7 yakni siswa SMA Stella Duce I, Yogyakarta, yakni Agata Nina Puspita, Revi Serviyani Dina Pertiwi dengan judul karya Kuas Penampung Cat yang juga dinilai juri memiliki kualitas karya yang tinggi.

Juga siswa SMA N 3 Padang, Sumatera Barat yakni Adrian Zikri, Fajar Satria Pratama, Ilga Yulian Putra dengan judul karya GOSTA Gigi SMANTRI.

Mereka dinilai oleh Tim Dewan Juri yang merupakan para ilmuwan terkemuka selain Dr. Subiyatno (LIPI) juga Dr. LT Handoko (LIPI), Dr. Yudi Darma (ITB), Prof. Dr. Fahmi Amhar (Bakosurtanal) dan Dr. Eng. Eniya Listiani Dewi (BPPT).

NYIA disebutkannya, bertujuan untuk meningkatkan kreativitas, memberikan apresiasi, dan menggali potensi remaja usia 8 sampai 18 tahun di bidang inovasi teknologi.(*)
(T.D009/Z002/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010