Olimpiade

Greysia/Apriyani tembus ke final Olimpiade Tokyo

Greysia/Apriyani tembus ke final Olimpiade Tokyo

Pebulutangkis ganda putri Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu mengembalikan kok ke arah ganda putri Korea Selatan Lee Sohee/Shin Seungchan dalam semifinal Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Sabtu (31/7/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

Jakarta (ANTARA) - Greysia Polii/Apriyani Rahayu mengamankan tiket ke babak final Olimpiade Tokyo 2020 setelah menyingkirkan ganda putri Korea Selatan Lee Sohee/Shin Seungchan, Sabtu.

Pada laga perempat final yang berlangsung di Lapangan 1 Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang itu, Greysia/Apriyani menaklukkan pasangan asal negeri ginseng tersebut dalam dua gim langsung dengan skor 21-19, 21-17 dalam 68 menit, seperti dikutip laman BWF.

Di atas kertas, Lee/Shin lebih diunggulkan karena mereka menempati peringkat keempat dunia, sedangkan Greysia/Apriyani. berada di posisi keenam dunia.

Pertarungan antara kedua pasangan itu sudah berlangsung ketat sejak gim pertama. Lee/Shin lebih dulu merebut dua poin awal. Setelah itu Greysia/Apriyani mengejar dan terus menempel ketat hingga kedudukan imbang 11-11.

Namun, selepas itu, Greysia/Apriyani berbalik unggul. Mereka mengambil alih permainan, sementara lawannya masih terus mengekor dan mampu mengimbangi beberapa kali, yaitu pada kedudukan 18-18 dan 19-19.

Dengan dua smash keras, Greysia/Apriyani merebut dua poin terakhir untuk kemudian unggul 21-19 pada gim pertama.

Masuk gim kedua, persaingan semakin ketat. Kedua pasangan sama-sama memberikan perlawanan yang agresif, tidak ada yang ingin menyerah begitu saja.

Di awal permainan, mereka saling kejar-mengejar angka dan mengungguli satu sama lain. Tapi setelah menginjak poin 5-5, Lee/Shin melaju, mencuri poin-poin berikutnya lewat permainan cepat dan bola-bola yang akurat.

Memasuki interval, Greysia/Apriyani hanya tertinggal dua poin dari lawannya, 9-11.

Pasangan Indonesia kemudian mencoba mengimbangi lawan dengan bermain lebih tenang dan tidak terburu-buru. Alhasil, mereka bisa membuat kedudukan kembali imbang 11-11. Kedua pasangan lalu kembali saling kejar poin. Namun Greysia/Apriyani lebih mendominasi. Setelah poin 16-16, Greysia/Apriyani melesat.

Mereka tampil lebih percaya diri untuk mengamankan poin-poin berikutnya. Lee/Shin tertinggal, pukulan-pukulan mereka kerap keluar lapangan.   Greysia/Apriyani mengakhiri laga tersebut dengan kemenangan 21-17.

Dengan hasil tersebut, maka Greysia/Apriyani berhak melanjutkan ke babak final. Mereka masih harus menunggu hasil pertandingan antara pasangan Korea Selatan Kim Soyeong/Kong Heeyong melawan unggulan kedua asal China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Pemenang dari laga tersebut nantinya akan menjadi lawan bagi Greysia/Apriyani di partai final Olimpiade Tokyo 2020.

Selain Greysia/Apriyani, Indonesia juga masih memiliki satu wakil yang akan tampil pada laga perempat final, Sabtu, yaitu tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting melawan unggulan ketiga asal Denmark Anders Antonsen pada pukul 10.20 WIB.


Baca juga: Tak bisa keluar dari tekanan jadi faktor kekalahan The Daddies
Baca juga: Ganda campuran Wang/Huang raih emas bulu tangkis dalam all-China final

 

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ketum PBSI akui Greysia Polii siap pensiun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar