Gunung Kidul (ANTARA) - Puluhan wisatawan nekat masuk objek wisata di Kawasan Pantai Wediombo, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meski sudah ada larangan penutupan sementara selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sejak 3 Juli hingga saat ini.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I DIY Sunu Handoko di Gunung Kidul, Minggu, mengatakan berdasarkan laporan petugas SAR Satlinmas Wilayah I DIY yang melakukan patroli, mendapati puluhan pengunjung ke Pantai Wediombo.

"Mereka yang kedapatan berwisata di Pantai Wediombo, langsung diminta kembali ke daerah masing-masing," kata Sunu.

Ia mengatakan wisatawan yang masuk ke Pantai Wediombo datang pada tengah malam atau dini hari untuk mengelabuhi petugas. Pada Sabtu (31/7) ada sepuluh kendaraan roda dua, satu travel dan satu unit kendaraan roda empat yang masuk ke Pantai Wediombo. Total ada sekitar 31 pengunjung yang masuk kawasan wisata.

Kemudian, pada Minggu dini hari sekitar 01.00 WIB, ada tujuh rombongan pengendara motor yang sudah mendekat parkiran Wediombo. Akan tetapi, pengunjung ini berhasil dihalau anggota SAR pada saat patroli pematauan gelombang tinggi. Ada juga yang datang 04.30 WIB. Sedangkan untuk travel datangnya 05.00 WIB. Jam-jam inilah yang digunakan karena memang TPR belum dijaga.

"Kami mohon bersabar karena selama PPKM, kawasan wisata masih ditutup. Nanti, kalau sudah buka silahkan main ke pantai,” kata Sunu.

Sunu mengatakan untuk menghalau wisatawan masuk kawasan wisata, selain petugas tempat pemungutan retribusi, juga ada empat anggota SAR yng disiagakan. Meski demikian, penjagaan tidak dilakukan selama 24 jam sehingga ada yang nekat masuk, khususnya saat dini hari

"Pada Minggu siang juga ada yang berusaha masuk ke kawasan wisata. Namun kedatangan pengunjung ini dapat dicegah saat di pintu masuk TPR. Tapi saya belum bisa memberikan rincian. Tapi ada dan langsung diminta balik arah,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukomono mengatakan selama PPKM level empat berlangsung seluruh kawasan wisata di Gunung Kidul ditutup sementara. Kebijakan ini dilakukan guna mendukung penurunan laju penyebaran COVID-19

Terkait masuknya wisatawan ke pantai di Gunung Kidul, pihaknya sudah bekerja sama dengan SAR Satlinmas di Gunung Kidul. "Mereka akan bertindak sesuai prosedur yang telah ditetapkan, yakni menghalau wisatawan yang datang," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021