Jakarta (ANTARA News) - Direktorat Lalulintas Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Ditlantas Polda Metro Jaya) mengerahkan personil dalam jumlah maksimal untuk mengatur kepadatan lalulintas saat hujan deras.

"Pengaturan kita antisipasi dengan memaksimalkan petugas di sekitar daerah rawan macet saat terjadi hujan," kata Kepala Sub Direktorat Pendidikan Rekayasa Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Katon Pinem saat dihubungi melalui telepon selular di Jakarta, Selasa.

Pinem menyebutkan pihaknya menempatkan petugas untuk mengatur lalulintas di Jalan Kuningan, Pancoran dan Mampang arah Pejaten Village.

Selain itu, polisi lalulintas juga mengatur arus di sekitar Jalan Raya Pasar Minggu, kawasan Citra Land, Jalan Biak dan Roxy yang mengarah Tomang.

Ia mengimbau masyarakat menghindari kawasan Tomang dan Grogol, Jakarta Barat karena kawasan itu merupakan daerah rawan penumpukan kendaraan saat terjadi hujan deras.

"Khawatir terjadi genangan belasan hingga puluhan meter dan surutnya cukup lama," ujarnya.

Sebelumnya, hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah di DKI Jakarta, Senin (25/10) petang.

Hujan lebat dan angin kencang menimbulkan genangan air, serta menumbang pohon sehingga berdampak terhadap kemacetan lalulintas.

Macet total antara lain terjadi di depan pos polisi Gatot Subroto, depan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jalan Gatot Subroto arah Pancoran, Semanggi arah H Rasuna Said dan Senopati.

Jembatan bawah Tol Cawang, Jalan Otista, Jalan Dewi Sartika, TB. Simatupang arah Lenteng Agung, Tugu Tani, Gandaria City, serta Jalan Trunojoyo sekitar Mabes Polri.

Angin kencang juga menumbangkan pohon di Jalan Pakubuwono arah Gandaria City, Jalan TB Simatupang, Jalan Palmerah dan dekat Kantor Kementerian Pendidikan Nasional.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010